Tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak pendidikan keagamaan anak : studi kasus di Yayasan SOS Children’s Kota Semarang

Putri, Deta Farisa (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak pendidikan keagamaan anak : studi kasus di Yayasan SOS Children’s Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802016152_DETA_FARISA_PUTRI] Text (SKRIPSI_1802016152_DETA_FARISA_PUTRI)
1802016152_Deta Farisa Putri_Lengkap Tugas Akhir - Deta Farisa(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemenuhan hak pendidikan keagamaan bagi anak merupakan suatu hal yang sangat penting. Agama berperan sangat penting dalam mengatur sendi-sendi kehidupan manusia dan mengarahkannya kepada kebaikan bersama. Pendidikan agama juga dapat membentuk karakter dan perilaku anak, sehingga dapat mencegah perilaku negatif. Namun kenyataannya di lingkungan SOS Children’s Kota Semarang lebih terpenuhi dalam bidang pendidikan formal sedangkan pendidikan keagaman belum terpenuhi sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Hal tersebut jelas belum memenuhi hukum Islam dan hukum positif yang mengatur terkait pemenuhan hak pendidikan keagamaan anak. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk menganalisis lebih jauh tentang faktor-faktor kurang terpenuhinya hak pendidikan keagamaan anak, serta tinjauan hukum Islam tentang hak pendidikan keagamaan anak.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisis permasalahan yang dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum dengan data primer yang diperoleh dari lapangan. Data lapangan berasal dari wawancara yang dilakukan dengan staff, ibu asuh dan anak asuh yang berada di SOS Children’s Kota Semarang. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualiatif.
Hasil dari penelitian ini bahwa, anak-anak yang berada di SOS Children’s Kota Semarang mendapatkan hak pendidikan secara penuh terutama dalam hal mendapatkan hak pendidikan formal, namun dalam hal pemberian hak pendidikan keagamaan belum terpenuhi hal ini dikarenakan terkendalanya mencari tenaga pengajar dalam hal pemenuhan pendidikan keagamaan, kesulitan dalam mencari sumber daya manusia untuk ibu asuh serta sarana dan fasilitas yang menunjang ibadah belum terpenuhi secara utuh. Seharusnya pemenuhan hak pendidikan keagamaan juga harus dipenuhi sesuai dengan hukum Islam terkait pemenuhan hak pendidikan keagamaan anak dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak anak; Pendidikan keagamaan; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:27
Last Modified: 12 Aug 2024 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23163

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics