Tinjauan hukum keluarga Islam terhadap pemenuhan huqūqu al-aulād : studi kasus anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo Kota Semarang Jawa Tengah

Kusuma, Argi Indra (2023) Tinjauan hukum keluarga Islam terhadap pemenuhan huqūqu al-aulād : studi kasus anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo Kota Semarang Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016005_ARGI_INDRA_KUSUMA] Text (SKRIPSI_1902016005_ARGI_INDRA_KUSUMA)
1902016005_Argi Indra Kusuma_Lengkap Tugas Akhir - 005 Argi indra kusuma(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena anak jalanan menjadi salah satu permasalahan yang cukup komplek khususnya di kota-kota besar tak terkecuali di Kota Semarang Jawa Tengah. Banyak dari anak-anak jalanan yang melakukan berbagai pekerjaan yang tidak jarang bisa membahayakan keselamatan mereka dan hidup dilingkungan yang buruk. Maka dari itu penelitian ini akan membahas implementasi pemenuhan hak anak dari orang anak jalanan dan tinjauan hukum keluarga Islam terhadap hilangnya hak anak dari orang tua anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo, Semarang.
Metode penelitian yang digunakan (1) Penelitian ini masuk masuk ke metode penelitian Hukum Normatif, yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan dan studi lapangan. (2) Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Koordinator Rumpin Bangjo, Anak-anak jalanan, dan orang tua anak jalanan. (3) Teknik Analisis data menggunakan metode kualitatif, yakni setelah data terkumpul kemudian dilakukan pengolahan secara kualitatif yang disesuaikan dengan kebutuhan analisis yang akan dikerjakan.
Hasil penelitian: (1) implementasi pemenuhan hak-hak anak dari orang tua anak jalanan di Rumpin Bangjo belum terimplementasikan dengan baik diantaranya pelajaran atau bimbingan agama, hak asuh dan nafkah yang kurang maksimal, (2) tinjauan hukum keluarga Islam terhadap implikasi hilangnya hak dari orang tua anak jalanan binaan Rumpin Bangjo, yakni: awamnya anak-anak jalanan terhadap ajaran agama Islam, pupusnya mimpi anak jalanan, kurangnya pengetahuan dan keterampilan anak, terancamnya hak hidup dan kesehatan anak baik secara mental maupun fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak anak; Anak jalanan; Hukum keluarga Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:31
Last Modified: 12 Aug 2024 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23169

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics