Manajemen budaya sekolah berbasis pesantren di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub, Tegal

Mauludy, Akhmad Rizqo (2023) Manajemen budaya sekolah berbasis pesantren di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub, Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036080_Akhmad Rizqo Mauludy_Lengkap] Text (Skripsi_1803036080_Akhmad Rizqo Mauludy_Lengkap)
Skripsi_1803036080_Akhmad Rizqo Mauludy_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dan budaya sekolah berbasis pesantren. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub, Tegal. Sumber data primer dari penelitian ini adalah Kyai, kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Sumber sekunder dari penelitian ini adalah literatur yang dapat menjadi penunjang dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analasis data menggunakan reduksi data, penyejian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh (1) manajemen sekolah berbasis pesantren di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub, Tegal meliputi perencanaan budaya pesantren dilakukan dengan workshop awal tahun. Pengorganisasian budaya pesantren dilakukan dengan membuat panitia/struktur tanggungjawab per kegiatan. Pelaksanaan budaya pesantren meliputi pembiasaan dalam bersikap sederhana, gotong royong, disiplin, dan religius. Pengawasan budaya pesantren bersumber pada kepala sekolah namun tugas pengawasan diserahkan kepada waka kesiswaan. Evaluasi dilakukan terhadap seluruh warga sekolah dalam hal pelaksanaan, pengadaan sarana prasarana, serta membangun komunikasi yang baik dengan pembimbing pondok pesantren. (2) budaya sekolah berbasis pesantren di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub, Tegal meliputi hubungan kyai dan santri, status santri, pola hidup santri, pembelajaran, dan kegiatan Islami. Sebaiknya kepala sekolah juga menyusun perencanaan kegiatan-kegiatan keislaman secara lebih variatif, kreatif, dan actual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Budaya sekolah; Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:47
Last Modified: 01 Aug 2024 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23172

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics