Strategi peningkatan mutu pendidik di SMP Negeri 1 Sale Rembang

Sahri, Alfi (2023) Strategi peningkatan mutu pendidik di SMP Negeri 1 Sale Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036092_Alfi Sahri_Lengkap] Text (Skripsi_1803036092_Alfi Sahri_Lengkap)
Skripsi_1803036092_Alfi Sahri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidik yang berkualitas merupakan peranan kunci dalam proses pembelajaran, maka strategi yang terencana dengan baik merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang strategi yang diterapkan dalam peningkatan mutu pendidik di SMP Negeri 1 Sale Rembang. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah interview, pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan peningkatan mutu pendidik SMP Negeri 1 Sale Rembang melaksanakan pemetaan mutu pendidik berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan dengan capaian standar pendidik sesuai PP No 19 tahun 2005. Strategi peningkatan mutu pendidik di SMP Negeri 1 Sale Rembang meliputi adanya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), izin belajar, dan pelatihan In House Training (IHT). Strategi yang telah diterapkan pada pendidik di SMP Negeri 1 Sale Rembang memberikan dampak positif bagi guru yaitu lebih meningkatnya kompetensi pendidik dari sebelumnya sehingga terwujud guru yang profesional yang berwawasan, berpengetahuan serta memiliki keterampilan yang menunjang tugas guru. Ditandai dengan adanya pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK serta adanya peningkatan hasil belajar siswa. Adapun strategi lain untuk meningkatkan mutu pendidik yang dapat digunakan yaitu seminar, workshop, banyak membaca, penelitian, menulis jurnal atau karya ilmiah, supervisi, dan pemberian penghargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan mutu; Pendidik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:53
Last Modified: 01 Aug 2024 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics