Tinjauan hukum Islam terhadap pembagian waris anak angkat Suku Bawean

Mawardi, Mawardi (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap pembagian waris anak angkat Suku Bawean. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016035_MAWARDI] Text (SKRIPSI_1902016035_MAWARDI)
1902016035_MAWARDI_Lengkap Tugas Akhir - Mawardi Student.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pengangkatan anak dalam Suku Bawean kerap dilakukan oleh pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan ada yang sudah tergolong usia lanjut belum mempunyai keturunan. Dalam Suku Bawean status anak angkat setara dengan anak kandung yang berkewajiban memelihara dan mengurus orang tua angkatnya sebagai orang tua kandungnya sendiri. Dan juga anak angkat mempunyai hak atas kepemilikan harta orang tua angkatnya. Anak angkat memilki hak yang sama dengan anak kandung di Suku Bawean.
Adapun permasalahan di dalam skripsi ini yaitu Bagaimana Pembagian waris anak angkat Suku Bawean dan Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pembagian waris anak angkat Suku Bawean.
Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan yaitu hukum penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat.. Dengan jenis penelitian kualitatif dengan tipe kajian sosiologi atau antropologi hukum yang mengkaji law as it is in (human) action.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa Pembagian waris anak angkat Suku Bawean di desa Kepuh Legundi memiliki tiga kriteria, diantaranya: (a) anak angkat menjadi ahli waris tunggal.,(b) Di tentukan dari hasil musyawarah.,(c) Pembagiannya dibagi rata, Selain dari wasiat serta hibah yang ditinggalkan orang tua angkat. Dalam Tinjauan Hukum islam anak angkat tidak memutus hubungan darah antara anak angkat dengan orang tua kandungnya, Anak angkat tidak ada hak menerima harta warisan dari orang tua angkatnya, sebab anak angkat bukanlah bagian dari ahli waris dari kedua orang tua angkatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembagian waris; Anak angkat; Suku Bawean; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:44
Last Modified: 12 Aug 2024 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics