Analisis fenomena spill aib pasangan di media sosial dalam perspektif hukum keluarga Islam

Amalia, Riza Rizky (2023) Analisis fenomena spill aib pasangan di media sosial dalam perspektif hukum keluarga Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016046_RIZA_RIZKY_AMALIA] Text (SKRIPSI_1902016046_RIZA_RIZKY_AMALIA)
1902016046_Riza Rizky Amalia_Lengkap Tugas Akhir - 6046 Riza Rizky Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Media sosial seringkali disalahgunakan untuk mengumbar aib orang lain, termasuk aib pasangan. Tindakan mengumbar aib melalui media sosial disebut dengan istilah spill. Spill aib pasangan merupakan fenomena yang marak di media sosial pada tahun 2022. Akibatnya, aib pasangan diketahui oleh banyak orang. Hal ini bertentangan dengan hak dan kewajiban suami istri untuk memelihara kehormatan pasangannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, pokok permasalahan penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana fenomena spill aib pasangan di media sosial? 2). Bagaimana fenomena spill aib pasangan di media sosial dalam perspektif hukum keluarga Islam?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif empiris. Data penelitian meliputi data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber, serta data sekunder berupa buku, dan jurnal. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, adapun metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, fenomena spill aib pasangan di media sosial meliputi: 1) aib pasangan yang diumbar; 2) faktor yang melatarbelakangi spill aib pasangan di media sosial; 3) tujuan spill aib pasangan di media sosial; 4) cara spill aib pasangan di media sosial. Kedua, fenomena spill aib pasangan di media sosial tidak sesuai dengan hukum keluarga Islam karena bertentangan dengan ketentuan dalam Surat Al-Baqarah ayat 187 dan Surat An-Nisa ayat 34, serta UU No. 1 Tahun 1974 Pasal 33 dan Kompilasi Hukum Islam Pasal 77 ayat (4) mengenai hak dan kewajiban suami istri untuk saling menghormati. Mengumbar aib dengan tujuan meminta solusi pada juru damai (hakam) diperbolehkan. Contohnya dalam persidangan perkara hukum keluarga yang disidangkan dalam sidang tertutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Meia sosial; Spill Aib; Hukum Keluarga Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:54
Last Modified: 12 Aug 2024 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics