Pandangan tokoh perempuan NU di Kabupaten Rembang tentang hak dan kewajiban suami istri perspektif kesetaraan gender

Fitriyah, Laili (2023) Pandangan tokoh perempuan NU di Kabupaten Rembang tentang hak dan kewajiban suami istri perspektif kesetaraan gender. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016111_LAILI_FITRIYAH] Text (SKRIPSI_1902016111_LAILI_FITRIYAH)
1902016111_laili fitriyah_lengkap tugas akhir - m. nailul maram.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pandangan tokoh perempuan NU di Kabupaten Rembang tentang hak dan kewajiban suami istri perspektif kesetaraan gender. Gambaran umum tentang antara ruang gerak laki-laki dan perempuan yang berujung pada pembagian tanggung jawab laki-laki atau suami sebagai pencari nafkah selaku kepala keluarga dan perempuan bergerak dalam ruang lingkup rumah tangga.Rumusan masalah pada skripsi ini adalah pertama, Bagaimana pandangan tokoh agama perempuan tentang hak dan kewajiban suami istri perspektif kesetaraan gender. Kedua Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pandangan tokoh perempuan NU di Kabupaten Rembang tentang hak dan kewajiban suami istri.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif dengan metode penelitian empiris, dan pendekatan yuridis nomatif. Subjek penelitian adalah para tokoh agama perempuan di Kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan kesetaraan gender.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan tokoh perempuan NU di Kabupaten Rembang tentang hak dan kewajiban suami istri perspektif kesetaraan gender sudah mulai seimbang, walaupun beberapa masyarakat masih ada yang menganut budaya patriarki, kini sudah mengetahui bahwa laki-laki dan perempuan bisa bergerak dalam ranah domestik maupun publik. Menurut hukum Islam pendapat para tokoh perempuan NU di Kabupaten Rembang yaitu Al-Qur’an maupun hadist sebagai rujukan prinsip masyarakat Islam, pada dasarnya mengakui bahwa kedudukan laki-laki dan perempuan adalah sama. Dengan kata lain laki-laki memiliki hak da kewajiban terhadap perempuan, begitu pula perempuan jugamemiliki hak dan kewajiban terhadap laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak dan kewajiban; Suami istri; Kesetaraan gender
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:03
Last Modified: 22 Aug 2024 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics