Tinjauan hukum terhadap dampak pernikahan dini pada keharmonisan keluarga : studi kasus di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang

ilah, Sabbata Saisah Taqwal (2023) Tinjauan hukum terhadap dampak pernikahan dini pada keharmonisan keluarga : studi kasus di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016145_SABBATA_SAISAH_TAQWAL_ILAH] Text (SKRIPSI_1902016145_SABBATA_SAISAH_TAQWAL_ILAH)
1902016145_Sabbata Saisah_ Full Skripsi - 6145 Sabbata Saisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan adalah suatu ikatan yang sebelumnya disepakati oleh kedua belah pihak yang bersangkutan yang sama-sama mau dan didukung oleh orang sekelilingnya dengan ikatan akad. Pernikahan di bawah umur atau sering disebut pernikahan dini adalah hal biasa dan lumrah yang terjadi di masyarakat. Ada banyak faktor dan alasan mengapa remaja memilih menikah di usia muda tanpa mempertimbangkan konsekuensi di masa depan dan tanpa memiliki apa-apa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Apa dampak pernikahan dini terhadap keharmonisan keluarga di Kelurahan Rowosari Tembalang Semarang dan Bagaimana tinjajuan hukum terhadap Dampak pernikahan dini pada keharmonisan keluarga di Kelurahan Rowosari Tembalang Semarang.
Jenis Penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah penelitian yuridis empiris. Penelitian yuridis empiris merupakan jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebutkan dengan penelitian secara lapangan, yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang telah terjadi didalam kehidupan masyarakat.
Pernikahan dini berdampak pada kehidupan rumah tangga setelah menikah, baik dari segi positif maupun negatif. Adapun dampak positif yaitu terjauhkan dari kehidupan terlarang, membantu ekonomi keluarga, mempercepat punya keturunan, belajar mandiri dan tanggung jawab. Sedangkan dampak negatifnya yaitu rawan perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, menjadi perbincangan masyarakat, angka kemiskinan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pernikahan dini; Keharmonisan keluarga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:16
Last Modified: 22 Aug 2024 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics