Kewajiban orang tua menanggung hak nafkah anak yang lahir di luar perkawinan : studi komparasi peraturan perundang-undangan di Indonesia dan Brunei Darussalam

Fuadah, Nailul Muna Syifa'ul (2023) Kewajiban orang tua menanggung hak nafkah anak yang lahir di luar perkawinan : studi komparasi peraturan perundang-undangan di Indonesia dan Brunei Darussalam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902016146_NAILUL_MUNA_SYIFA'UL_FUADAH] Text (SKRIPSI_1902016146_NAILUL_MUNA_SYIFA'UL_FUADAH)
1902016146_Nailul Muna Syifa_ul Fuadah_Full_Skripsi - Nailul Muna Syifa_ul Fuadah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam peristiwa kehamilan yang terjadi sebelum perkawinan, anak yang dilahirkan memiliki status anak tidak sah. Dalam hal ini, menjadi permasalahan yang sangat penting untuk dibahas, karena hal tersebut menyangkut hak dari anak yang lahir akibat dari kesalahan orang tua. Fenomena tersebut terjadi di negara Indonesia dan negara Brunei Darussalam. Penulis kemudian mencoba merumuskan beberapa rumusan masalah berkaitan dengan nafkah anak luar perkawinan. Masalah pokok dalam penelitian ini ada dua, bagaimana tinjauan yuridis pengaturan perundang-undangan di Indonesia dan Brunei Darussalam? Dan menjelaskan persamaan dan perbedaan keduanya?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan yuridis normatif (normative legal research) dengan metode penelitian komparatif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Negara Indonesia dalam pengaturan perundang-undangan secara khusus tidak menjelaskan masalah nafkah, namun apa yang dituntut ulama fikih tentang nafkah telah diakomodir UU Perkawinan dan KHI tercakup dalam hak dan kewajiban suami isteri. Negara Brunei Darussalam dalam Undang-Undang Keluarga Islam tahun 1999 dan Laws Of Brunei tahun 2012 tentang nafkah anak tak sah taraf hanya didapat dari ibu dan keluarga ibu. Indonesia dan Brunei Darussalam memiliki persamaan dan perbedaan pengaturan, akan tetapi kedua negara tidak serta merta dalam undang-undang hukum keluarga tujuannya untuk kemaslahatan bagi umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perbandingan; Undang-Undang; Nafkah; Anak luar nikah; Indonesia; Brunei Darussalam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:18
Last Modified: 22 Aug 2024 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23235

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics