Efektifitas mediasi dalam penyelesaian perkara wanprestasi di Pengadilan Negeri Semarang

Maulana, Muhamad Hisbi (2023) Efektifitas mediasi dalam penyelesaian perkara wanprestasi di Pengadilan Negeri Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802056074_MUHAMAD_HISBI_MAULANA] Text (SKRIPSI_1802056074_MUHAMAD_HISBI_MAULANA)
1802056074_Muhamad Hisbi Maulana_Full Skripsi - 074 Muhamad Hisbi Maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu yang menjadi problematika dalam pelaksanaan sidang di pengadilan adalah rendahnya tingkat keberhasilan dari pelaksanaan mediasi. Mediasi yang seharusnya menjadi salah satu cara dalam mengatasi masalah penumpukan perkara, sebagai cara penyelesaian sengketa yang lebih cepat, murah, dan diharapkan dapat memperluas akses bagi para pihak untuk memperoleh rasa keadilan. Lemahnya sistem pelaksanaan mediasi yang mengakibatkan tidak maksimal. Bagaimana tingkat keefektifan, faktor keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaan mediasi di Pengadila Negeri Semarang.
Penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian yuridis-empiris dengan menggunakan penelitian lapangan dan ditemukan masalah bersifat kualitatif. Kemudian menghasilkan data deskriptif secara tertulis maupun lisan yang kemudian dengan cara mengumpulkan data secara sistematis, memahami dan menyusun data tersebut.
Hasil penelitian ini menemukan pertama, efektifitas pelaksanaanya mediasi dalam perkara wanprestasi masih belum berjalan secara maksimal hal ini disebabkan oleh faktor mediator, pihak-pihak yang bersengketa, dan waktu pelaksanaan. Terbukti bahwa dari 148 kasus mediasi hanya dapat berhasil sebanyak 21 kasus. Kedua, faktor keberhasilan yaitu faktor internal diperoleh dari para pihak yang bersengketa dan Faktor eksternal adalah dari mediator. Faktor kegagalan diantaranya peran mediator yang kurang maksimal, tidak adanya itikad baik dari kedua belah pihak dan tidak maksimalnya waktu yang dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mediasi; PERMA; Wanprestasi
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:33
Last Modified: 05 Aug 2024 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics