Penentuan awal ramadan dan syawal menurut Jam‘iyyah Al-Syahadatain Rembang

Mufarrohah, Siti Musri’ah (2023) Penentuan awal ramadan dan syawal menurut Jam‘iyyah Al-Syahadatain Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902048013_SITI_MUSRIAH_M] Text (SKRIPSI_1902048013_SITI_MUSRIAH_M)
1902048013_SITI MUSRI_AH M_Lengkap Tugas Akhir - Musri_ah Mufarrohah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Problematika penentuan awal bulan kamariah yang menjadi keresahan masyarakat dewasa ini adalah dalam mengawali puasa Ramadan dan Syawal. Jam‘iyyah al-Syahadatain Rembang dalam mengawali Ramadan dan Syawal selalu terdapat selisih dengan hasil isbat pemerintah. Perbedaan tersebut tidak hanya satu hari, seringkali juga berbeda dua hari. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana metode penetapan awal Ramadan dan Syawal jam’iyyah al-Syahadatain yang sering berbeda dengan hasil penetapan pemerintah? (2) Bagaimana respon masyarakat mengenai penetapan awal Ramadan dan Syawal jam’iyyah al-Syahadatain di daerah Rembang dan Sekitarnya? Permasalahan tersebut diselesaikan dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan astronomi dan sosial hukum islam. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu observasi langsung dan wawancara dengan anggota jam‘iyyah al-Syahadatain di Rembang. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literature-literatur terkait dengan penelitian ini, seperti kitab Nuzhah al-majalis, buku-buku Falak dan hasil penelitian terdahulu. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitik kritis.
Penelitian ini menyimpulkan pertama, metode penentuan awal Ramadan dan Syawal jam‘iyyah al-Syahadatain Rembang yang sering berbeda dengan ketetapan pemerintah adalah menggunakan metode hisab ‘urfi khamảsỉ. kedua, respons masyarakat terhadap penentuan awal Ramadan dan Syawal jam‘iyyah al-Syahadatain Rembang adalah positif, hal ini disebabkan penentapan tersebut merupakan keputusan mursyid yang bersifat pribadi dan boleh diikuti oleh siapapun, namun tidak merupakan suatu hal keharusan untuk mengikuti ketetapan awal Ramadan dan Syawal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Ramadan; Syawal; Jam‘iyyah al-Syahadatain.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:20
Last Modified: 08 Aug 2024 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics