Analisis hukum ekonomi Islam terhadap prinsip first to use dalam perlindungan rahasia dagang berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang rahasia dagang

Liyatika, Eka (2023) Analisis hukum ekonomi Islam terhadap prinsip first to use dalam perlindungan rahasia dagang berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang rahasia dagang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036050_Eka_Liyatika] Text (Skripsi_1802036050_Eka_Liyatika)
Skripsi_1802036050_Eka_Liyatika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (857kB)

Abstract

Perlindungan Rahasia Dagang pada dasarnya adalah bentuk perlindungan menjaga rahasia yang dilakukan diri sendiri, yang mana apabila informasi rahasia tersebut diketahui oleh umum maka dapat menghilangkan status terlindungi dan bukan lagi termasuk rahasia dagang. Perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI) berupa Rahasia Dagang tergolong paling lemah jika dibandingkan dengan HKI jenis lainnya. Apabila dilihat dari perspektif hukum benda, rahasia dagang tidak dikategorikan hak kekayaan intelektual sebab tidak ada unsur hak kebendaan yang dapat diberikan perlindungan. Tidak dapat diketahui unsur kebendaan yang akan dilindungi haknya dalam pemberian hak atas rahasia dagang, semuanya serba dirahasiakan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan hukum normatif, yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka (library research) yang merupakan data sekunder lalu kemudian dideskripsikan berdasarkan analisis data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa HKI merupakan subsistem kepemilikan, karena sejalan dengan konsep sebab-sebab kepemilikan. HKI merupakan benda (Al-mȃl) yang berupa benda immateril, karena yang dilindungi bukan benda yang diciptakan tetapi ide yang tertuang dalam suatu karya. Dalam hukum Islam, HKI dipandang sebagai salah satu ẖuquq mȃliyyah (hak kekayaan) yang mendapatkan perlindungan hukum sebagaimana mȃl (kekayaan). HKI yang mendapat perlindungan hukum Islam adalah HKI yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Kepemilikan Rahasia Dagang termasuk salah satu jenis Al-Milk At-Tam berarti hak milik itu bersifat mutlak, sempurna, dan tidak ada pembatasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam; First to use; Perlindungan Rahasia Dagang; HKI; Al-Milk At-Tam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:59
Last Modified: 05 Aug 2024 05:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics