Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap promo fitur ambil gratis pada aplikasi Akulaku

Nadhifah, Ika Hajarun (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap promo fitur ambil gratis pada aplikasi Akulaku. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036077_Ika_Hajarun_Nadhifah] Text (Skripsi_1802036077_Ika_Hajarun_Nadhifah)
Skripsi_1802036077_Ika_Hajarun_Nadhifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Akulaku merupakan platform belanja online yang menyediakan fasilitas kredit bagi penggunanya melalui kartu kredit online (Paylater). Akulaku saat ini sedang memberikan penawaran promo belanja Rp.0,- bagi pengguna Akulaku melalui fitur “Ambil Gratis”. Fitur tersebut menawarkan kepada pengguna Akulaku untuk mendapatkan barang gratis apabila pengguna berhasil mengundang teman melalui tautan link dalam batas waktu selama 14 hari sejak tautan link didapat. Peneliti melihat adanya kejanggalan dalam melakukan praktik promo fitur Ambil Gratis. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait hukum dari praktik promo fitur Ambil Gratis di Akulaku dalam dua rumusan masalah 1) Bagaimana proses transaksi terhadap promo fitur Ambil Gratis di Akulaku? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap promo fitur Ambil Gratis di Akulaku?.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian normatif empiris dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis, penelitian yang berdasarkan data primer berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan analisis yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan promo fitur Ambil Gratis di Akulaku menurut Hukum Islam diperbolehkan karena menggunakan akad ju’ālah selama rukun dan syaratnya terpenuhi dan tidak melanggar ketentuan syariat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ju’ālah; Promo; Ambil Gratis; Hukum ekonomi syariah; Akulaku
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:23
Last Modified: 05 Aug 2024 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23282

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics