Efektivitas model pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Dewi, Dewi (2011) Efektivitas model pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511012_Dewi]
Preview
Text (SKRIPSI_073511012_Dewi)
73511012_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab1.pdf]
Preview
Text
73511012_bab1.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab2.pdf]
Preview
Text
73511012_bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab3.pdf]
Preview
Text
73511012_bab3.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab4.pdf]
Preview
Text
73511012_bab4.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bab5.pdf]
Preview
Text
73511012_bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 73511012_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511012_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media lingkungan. Selama ini peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika, hal ini disebabkan mereka merasa pesimis dalam belajar, Selain itu mereka tidak termotivasi dalam belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika khususnya materi himpunan.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs N 02 Semarang pada peserta didik kelas VII menggunakan teknik random sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga cara yaitu dengan metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes. Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Dari perhitungan uji normalitas kelas eksperimen diperoleh hitung (5,8557) < tabel (7,81), sehingga berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol diperoleh hitung (5,9327) < tabel (7,81), sehingga data hasil penelitian tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh = 1,202 dan = 1,713, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Sedangkan pada uji kesamaan dua rata-rata diperoleh = 1,790 dan = 1,992, Sehingga di ketahui = -1,992 < = 1,790 < = 1,992. Berdasarkan uji persamaan dua rata-rata (uji t) kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan.
Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbadaan dua rata-rata. Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh hitung (5,8036) < tabel (7,81), sedangkan kelas kontrol diperoleh hitung (3,1962) < tabel (7,81), jadi hasil penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,036 dan Ftabel = 1,713, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Kemudian untuk uji perbedaan dua rata-rata diketahui besarnya rata-rata kelas eksperimen adalah 77,2 dan besarnya rata-rata kelas kontrol adalah 63,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) lebih baik daripada rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jul 2017 03:02
Last Modified: 07 Jun 2021 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics