Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di SD N 01 Ngaliyan

Faizin, Muhammad Ismail Nur (2023) Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di SD N 01 Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036103_MUHAMMAD_ISMAIL_NUR_FAIZIN] Text (SKRIPSI_1903036103_MUHAMMAD_ISMAIL_NUR_FAIZIN)
1903036103_Muhammad Ismail Nur Faizin_Full_Skripsi - Muhammad Ismail Nur Faizin_6103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di SDN 01 Ngaliyan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam sebuah studi lapangan yang dilaksanakan di SDN 01 Ngaliyan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan data yang bersumber dari informan, tempat, serta dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian.
Adapun hasil yang diperoleh yaitu: 1) Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di SDN 01 Ngaliyan dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran oleh panitia yang dibentuk kepala sekolah, terdiri dari ketua humas dan tim kreatif. Dari panitia tersebut akan dirapatkan untuk membahas terkait strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial, dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan, proses pengorganisasian, proses evaluasi. 2) Strategi pemasaran pendidikaan melalui media sosial dirasa sangat efektif dan efisien dalam memasarkan lembaga pendidikan kepada berbagai kalangan. Dampak pemanfaatan media sosial yang dijadikan alat dalam memasarkan pendidikan di SDN 01 Ngaliyan, bisa dilihat dari interaksi sosial yang secara tidak langsung dilakukan oleh lembaga pendidikan dengan masyarakat melalui media sosial. selain itu, juga bisa dilihat dari biaya operasional dalam penggunaan media sosial yang relatif lebih terjangkau dari pada menggunakan media brosur ataupun banner dalam memasarkan lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran pendidikan; Media sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 31 Aug 2024 05:54
Last Modified: 31 Aug 2024 05:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23297

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics