Budaya organisasi dalam meningkatkan nilai religius di MTS Negeri 1 Kudus

Auliya, Wafda Salma (2023) Budaya organisasi dalam meningkatkan nilai religius di MTS Negeri 1 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036073_WAFDA_SALMA_AULIYA] Text (SKRIPSI_1903036073_WAFDA_SALMA_AULIYA)
1903036073_Wafda Salma Auliya_Full Skripsi - Wafda Salma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Budaya merupakan citra atau kepribadian organisasi. Budaya organisasi yang dimiliki sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan nilai religius di madrasah. Penelitian fokus terhadap permasalahan: 1) Bagaimana implementasi nilai religius di MTs Negeri 1 Kudus?; 2) Bagaimana budaya organisasi dalam meningkatkan nilai religius di MTs Negeri 1 Kudus?.
Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif lapangan, datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pengimplementasian nilai religius di MTs Negeri 1 Kudus, dan budaya organisasi dalam meningkatkan nilai religius di MTs Negeri 1 Kudus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Negeri 1 Kudus telah mengimplementasikan nilai-nilai religius. Implementasinya berupa: 1) Nilai ibadah, seperti shalat, tadarus al-Qur’an, sedekah, dan lain sebagainya; 2) Nilai jihad, seperti menuntut ilmu; 3) Nilai amanah dan ikhlas; 4) Nilai akhlak dan kedisiplinan, pembisaan senyum, salam, dan salim, nilai kedisiplinan seperti membiasakan tepat waktu; 5) Nilai keteladanan. Adapun budaya organisasi dalam meningkatkan nilai religius di MTs Negeri 1 Kudus adalah 1) Budaya religius, berupa shalat dhuha, tadarus al-Qur’an, dan shalat dzuhur berjamaah; 2) Budaya sopan santun, seperti membiasakan senyum, salam dan salim; 3) Budaya disiplin, seperti membisakan tepat waktu dalam melakukan segala hal; 4) Budaya pesantren kilat, yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan guna menambah pengetahuan siswa mengenai Islam; 5) Budaya sedekah, melatih siswa untuk berbagi dengan sesama; 6) Budaya istighasah, dilaksanakan setiap akan melaksanakan ujian; 7) Budaya qurban, sebagai pelatihan bagi siswa tentang penyembelihan hewan qurban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya organisasi; Nilai religius; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 31 Aug 2024 05:55
Last Modified: 31 Aug 2024 05:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics