Program pembinaan kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 18 semarang

Nisaussolikha, Khoirul (2023) Program pembinaan kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 18 semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036063_KHOIRUL_NISAUSSOLIKHA] Text (SKRIPSI_1903036063_KHOIRUL_NISAUSSOLIKHA)
1903036063_Khoirul Nisaussolikha_Lengkap - Khoirul Nisaussolikha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan suatu lembaga pendidikan sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidik dan dengan sadar mengenai seberapa pentingnya memperhatikan bagimana mengembangkan kompetensi kepribadian guru dalam rangka menjadikan peserta didik tumbuh menjadi siswa yang terbentuk memiliki kepribadian baik dalam moral maupun sosial. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari usaha pembinaan yang baik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan program pembinaan kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 18 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kulaitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk mengembangkan kompetensi kepribadian guru, SMP Negeri 18 Semarang melakukan program pembinaan yaitu melalui kegiatan supervisi, briefing, kajian dan tadarus online, serta budaya disiplin positif. 2) Program tersebut di implikasikan dengan: a) Supervisi, menghasilkan guru lebih paham kewajibannya, sehingga mampu bertanggungjawab atas apa yang dilakukan serta tidak lalai melakukan tugasnya, b) Briefing, guru menjadi pribadi yang lebih baik, berusaha tidak mengulangi kesalahan dan mampu mengesampingka urusan pribadi ketika disekolah, c) Kajian dan tadarus online, guru lebih tau nilai-nilai religius dan menerapkan dalam sehari-hari,
d) Dispo (disiplin positif), guru menjadi lebih paham nilai religius dan mampu mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Kepribadian; Pembinaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 31 Aug 2024 05:56
Last Modified: 31 Aug 2024 05:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23303

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics