Manajemen pembelajaran kreatif di SMPN 3 satu atap

Fitriani, Dewi Ajeng (2023) Manajemen pembelajaran kreatif di SMPN 3 satu atap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036053_DEWI_AJENG_FITRIANI] Text (SKRIPSI_1903036053_DEWI_AJENG_FITRIANI)
1903036053_Dewi Ajeng Fitriani_Full Skripsi - Dewi Dewi Ajeng Fitriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh guru dimulai dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran setelah kedua hal tersebut berjalan langkah selanjutnya yakni guru melakukan evaluasi yang bertujuan untuk memperoleh pembelajaran yang lebih baik lagi kedepanya dan pembelajaran dapat berjalan semaksimal mungkin dan pada manajemen pembelajaran ini untuk menciptakan suatu interaksi anatara peserta didik dengan guru supaya memperoleh pembelajaran yang efektif dan efisien.
Kreatif adalah sebuah ketrampilan yang dibutuhkan guru saat melakukan proses pembelajaran karena guru yang memiliki kreativitas pembelajaran yang tinggi akan membuat peserta didik terhindar dari suasana monoton dalam penyampaian materinya, dan guru yang memiliki kreativitas tinggi akan memudahkan pendidikan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan itulah guru selalu dituntut dalam meningkatkan kreativitas pembelajaranya, guru yang memiliki kreativitas dalam mengajar pastilah mempunyai suatu strategi seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran karena ketiga hal tersebut penting untuk dilakukan guru sebelum melakukan proses mengajar peserta didik.
Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif, yang mana pada penelitian ini lebih mengedepankan sebuah analisis dalam penyimpulan data yang dilakukan secara induktif serta deduktif dengan menerapkan logika secara ilmiah. Dalam penelitian ini memberikan hasil bahwa: (1) manajemen pembelajaran kreatif itu penting dimiliki oleh seorang guru karena pendidik yang memiliki tingkat kreatif tinggi dapat memudahkan suatu pendidikan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien, (2) perencanaan itu penting untuk dijalakan guru sebelum melakukan tugas mengajarnya karena perencanaan ini mengatur sebuah strategi dalam penyampaian materi, (3) guru perlu melakukan pelaksanaan dalam mencapai tujuan pendidikan karena setelah guru merancang berbagai strategi pengajaran guru juga harus melakukan pelaksanaan seperti guru dapat melaksanakan penyampaian materi yang mudah untuk di pahami peserta didik, (4) setelah pelaksanaan langkah selanjutnya yakni guru juga perlu melakukan evaluasi dalam mengajarnya karena dengan adanya evaluasi guru dapat melihat tingkat pemahaman dari setiap peserta didik dan juga dapat memudahkan guru dalam membenahi cara mengajar kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 31 Aug 2024 05:58
Last Modified: 31 Aug 2024 05:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics