Problematika penegakan hukum tindak pidana money politic dalam pemilihan kepala desa tahun 2019 : studi kasus di Desa Ngrami, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk

Dewanti, Natasya Anindya (2023) Problematika penegakan hukum tindak pidana money politic dalam pemilihan kepala desa tahun 2019 : studi kasus di Desa Ngrami, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056001_NATASYA_ANINDYA_DEWANTI] Text (SKRIPSI_1902056001_NATASYA_ANINDYA_DEWANTI)
1902056001_Natasya Anindya Dewanti_Full Skripsi - 6001 Natasya Anindya Dewanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai problematika penegakan hukum tindak pidana money politic dalam pemilihan kepala desa di Desa Ngrami pada tahun 2019 ini bertujuan untuk mengetahui fenomena money politic yang terjadi di masyarakat, yang sangat sulit untuk dihentikan dan justru menjadi kebiasaan atau tradisi yang dilakukan oleh calon atau kontestan politik tertentu kepada masyarakat menjelang pelaksanaan pilkades untuk mendapatkan dukungan dan perolehan suara terbanyak dari masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya politik uang, bagaimana proses terjadinya di masyarakat dan dampak yang ditimbulkan dari praktik politik uang bagi masyarakat. Kedua peneliti ingin mengetahui problematika penegakan hukum tindak pidana money politic yang terjadi didalam pemilihan kepala desa di Desa Ngrami pada tahun 2019.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) kualitatif melalui pendekatan yuridis empiris. Sedangkan sumber data primer yaitu melalui wawancara dan dokumentasi sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui literatur-literatur dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan, analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini meliputi pengambilan data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan serta penyajian laporan penelitian.
Hasil penelitian yang pertama di dapatkan hasil bahwa pelaku praktik money politic dalam pemilihan kepala Desa Ngrami di tahun 2019 yang lalu terdiri dari tiga pelaku yaitu pertama kandidat calon kepala desa, kedua tim sukses yang terbagi menjadi dua yaitu tim sukses formal dan tim sukses non formal, praktik money politic dijalankan oleh para pelaku melalui beberapa kegiatan seperti kampanye dan serangan fajar. Hasil penelitian yang kedua adalah tidak adanya peraturan mengenai penanganan penegakan sanksi bagi pelaku money politic, sudah seharusnya ada aturan yang menyediakan dasar untuk mengatasi dan menuntaskan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Money Politic; Penegakan Hukum; Pemilihan Kepala Desa.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:02
Last Modified: 08 Aug 2024 06:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics