Pengaruh kualitas pembelajaran kelas unggulan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Irsyad Pemalang

Pratiwi, Aisyah Julianty (2023) Pengaruh kualitas pembelajaran kelas unggulan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Irsyad Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036021_AISYAH_JULIANTY_PRATIWI] Text (SKRIPSI_1903036021_AISYAH_JULIANTY_PRATIWI)
1903036021_Aisyah Julianty Pratiwi_Full Skripsi - Aisyah Julianty Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam memperbaiki mutu pendidikan, beberapa sekolah mengupayakan peningkatan proses belajar, serta menyediakan program sekolah yang menarik dan berkualitas dengan maksud menunjang potensi peserta didik secara optimal dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Kelas unggulan menjadi salah satu program sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas baik input maupun output peserta didiknya. Penelitian ini difokuskan dalam mengetahui bagaimana kualitas pembelajaran kelas unggulan mampu mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMP Al-Irsyad Pemalang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menerapkan teknik analisis regresi linier sederhana menggunakan bantuan software Minitab versi 20 melalui beberapa pengujian seperti uji instrumen dan uji hipotesis, serta dua uji prasyarat regresi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pelaksanaan kelas unggulan di SMP Al-Irsyad Pemalang memfokuskan dalam mencetak generasi yang menguasai ilmu pengetahuan terutama bidang keagamaan, memiliki kualitas, unggul, dan berakhlakul karimah. Dalam uji t (parsial) menghasilkan nilai thitung 2,56 > nilai t¬tabel 1,661 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti kualitas pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Al-Irsyad Pemalang. Dalam uji linieritas melalui uji Lack of Fit diperoleh hasil p-value 0,609 > 0,05, yang berarti adanya hubungan linier antara variabel kualitas pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Al-Irsyad Pemalang. Dalam uji normalitas, diketahui bahwa hasil p-value 0,079 > 0,05, yang artinya data hasil residual kualitas pembelajaran kelas unggulan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Irsyad Pemalang berdistribusi normal.
Berdasarkan deskriptif statistik kualitas pembelajaran melalui rata-rata jawaban kuesioner kelas unggulan sebesar 47,020 dan kelas reguler sebesar 44,860. Sedangkan deskriptif statistik prestasi belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai UAS semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 kelas unggulan sebesar 87,849 dan kelas reguler sebesar 85,076. Dapat dinyatakan bahwa kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas unggulan dalam kategori lebih tinggi/lebih baik dari kelas reguler di SMP Al-Irsyad Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran; Prestasi belajar; Kelas unggulan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:27
Last Modified: 02 Sep 2024 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics