Pengaruh bauran pemasaran 4P (produk, harga, promosi, lokasi) terhadap keputusan orang tua memilih MI Nashrul Fajar Semarang

Pramesti, Ina Adedya (2023) Pengaruh bauran pemasaran 4P (produk, harga, promosi, lokasi) terhadap keputusan orang tua memilih MI Nashrul Fajar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903036010_INA_ADEDYA_PRAMESTI] Text (SKRIPSI_1903036010_INA_ADEDYA_PRAMESTI)
1903036010_Ina Adedya Pramesti_Full_Skripsi - Ina Adedya Pramesti UIN WS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah peserta didik yang melimpah pada salah satu madrasah swasta di Kota Semarang yang tetap eksis ditengah ketatnya persaingan. Bauran pemasaran biasa digunakan sebagai alat manajemen untuk mengendalikan respon yang diinginkan di pasar sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan orang tua memilih MI Nashrul Fajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 63 orang tua wali siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk (X1) memperoleh nilai t hitung 4,783 > t tabel 1,672 serta memiliki nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Variabel harga (X2) memperoleh nilai t hitung 1,846 > t tabel 1,672 serta memiliki nilai signifikansi yaitu 0,070 > 0,05. Variabel promosi (X3) memperoleh nilai t hitung 1,846 > t tabel 1,672 serta memiliki nilai signifikansi yaitu 0,070 > 0,05. Variabel lokasi (X4) memperoleh nilai t hitung 0.909 < t tabel 1,672 serta memiliki nilai signifikansi yaitu 0,367 > 0,05. Pada uji F memperoleh nilai F hitung 23,134 > F tabel 2,53 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan, produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan orang tua. Namun, harga dan lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan orang tua. Secara bersama-sama (produk, harga, promosi dan lokasi) berpengaruh terhadap keputusan orang tua memilih MI Nashrul Fajar. Adapun saran yang dapat diberikan adalah diharapkan pihak pengelola pendidikan mampu mempertahankan dan meningkatkan produk dan kegiatan promosi yang telah dilaksanakan serta mempertimbangkan kembali perencanaan biaya dan tempat madrasah agar dapat meningkatkan jumlah peminat masyarakat terhadap MI Nashrul Fajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk; Harga; Promosi; Lokasi; Keputusan orang tua; Pemilihan sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:32
Last Modified: 02 Sep 2024 01:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics