Perlindungan hukum pemerintah terhadap satwa langka orangutan di Kabupaten Kotawaringin Barat (studi di Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah)

Almadaniy, Faris (2023) Perlindungan hukum pemerintah terhadap satwa langka orangutan di Kabupaten Kotawaringin Barat (studi di Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056016_FARIS_ALMADANIY] Text (SKRIPSI_1902056016_FARIS_ALMADANIY)
1902056016_Faris_almadaniy_Tugas Akhir - Faris Almadaniy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (790kB)

Abstract

Alih fungsi lahan, Kebakaran Hutan, Perburuan dan perdagangan illegal, menjadi ancaman untuk satwa orangutan di kalimantan. Populasi orangutan terus menurun dari tahun ke tahun, jika hal ini dibiarkan terus menerus maka dapat menyebabkan kepunahan dan akan merusak ekosistem yang ada. BKSDA sebagai lembaga yang mempunyai peranan penting dalam upaya penyelamatan dan perlindungan satwa dilindungi. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum dari SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalimantan Tengah terhadap satwa langka orangutan serta Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemberian perlindungan hukum terhadap satwa dilindungi di SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalimantan Tengah dan upaya penyelesaiannya.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif, peneliti langsung terjun mengamati keadaan dan fenomena dilapangan dengan menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Sumber data yang digunakan berupa wawancara yang dilakukan dengan staf SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalimantan Tengah sedangkan dokumentasi berasal dari macam-macam sumber tertulis atau dari dokumen yang ada pada informan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan perlindungan terhadap satwa orangutan belum dilakukan secara maksimal oleh SKW II Pangkalan Bun. Karena masih terdapat beberapa kendala yang berasal dari internal maupun ekternal dalam upaya pelestarian satwa ini. Oleh karena itu diharapkan kepada SKW II pangklan Bun BKSDA Kalimantan Tengah untuk berkerjasama dengan masyarakat serta Lembaga Lembaga yang berkepentingan lainnya dalam melindungi dan menjaga satwa liar dilindungi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Orangutan; Satwa dilindungi; Balai Konservasi Sumber Daya Alam.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:40
Last Modified: 09 Aug 2024 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics