Tinjauan hukum Islam terhadap penghimpunan dana dan pendayagunaan dana di Bank Wakaf Mikro (BWM) pada Pondok Pesantren “APIK”

Darojah, Indah Ervina (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap penghimpunan dana dan pendayagunaan dana di Bank Wakaf Mikro (BWM) pada Pondok Pesantren “APIK”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036004_Indah_Ervina_Darojah] Text (Skripsi_1902036004_Indah_Ervina_Darojah)
Skripsi_1902036004_Indah_Ervina_Darojah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tuntutan kesejahteraan ekonomi pada saat ini, kebutuhan hidup yang kian meningkat membutuhkan daya tunjanga hidup yang memadai, susahnya mencari pekerjaan, lapangan pekerjaan yang kian sedikit. Maka dengan Hadirnya Bank Wakaf Mikro bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan dengan cara, memperkuat pemberdayaan usaha-usaha produktif yang dikelola oleh masyarakat yang kurang mampu. Pemberdayaan ini berupa memberikan pendampingan penguatan dalam bidang keagamaan, pendampingan usaha, dan pendampingan manajemen keuangan. Pada penelitian ini, penulis mengajukan pertanyaan untuk Rumusan masalah tentang pertama penghimpunan dana di Bank Wakaf Mikro, kedua pendayagunaan dana di Bank Wakaf Mikro, ketiga tinjauan hukum islam terhadap penghimpunan dana dan pendayagunaan dana pada Bank Wakaf Mikro sudah sesuai dengan syariat Islam.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian hukum normatif-empiris yang mana metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pengelola Bank Wakaf Mikro dan juga nasabah. observasi dengan pengamanatan langsung dilapangan dan dokumentasi.
Penulis menemukan penemuan Pertama, terdapat ketidak sesuai antara penamaan dan mekanisme dalam pendanaan yang seharusnya berasal dari wakaf tetapi dalam praktiknya menyebutkan sebagai hibah. Kedua, Pendayagunaan dana di Bank Wakaf Mikro ini dengan menggunakan akad Qardh, dalam prakiknya sudah sesuai dengan syariat islam dan rukun dan syaratnya sudah terpenuhi.
Tinjauan hukum Islam mengenai akad yang digunakan dalam penghimpunan dana dan pendayagunaan dana di Bank Wakaf Mikro sudah sesuai dengan syariat Islam dengan sudah memenuhi rukun dan syarat di dalam akad yang digunakan. Pengelolaan dana pada Bank Wakaf Mikro di Bank Syariah Indonesia (BSI) menggunakan akad Mudhorabah dalam bentuk deposito setiap modal yang di investasikan di BSI akan mendapat keuntungan sesuai dengan syariat islam, untuk Pemberdayaan dalam bidang ekonomi dapat mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi ekonomi yang dimilikinya serta dapat berusaha untuk mengembangkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penghimpunan dana; Pendayagunaan dana; Bank wakaf mikro; Pemberdayaan; Pendampingan; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Aug 2024 01:52
Last Modified: 10 Aug 2024 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics