Kedudukan dan kekuatan visum et repertum sebagai alat bukti dalam tindak pidana kekerasan terhadap orang (studi putusan Nomor 52/Pid.b/2021/Pn.Krg)

Putra, Rizky Pratama (2023) Kedudukan dan kekuatan visum et repertum sebagai alat bukti dalam tindak pidana kekerasan terhadap orang (studi putusan Nomor 52/Pid.b/2021/Pn.Krg). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056028_RIZKY_PRATAMA_PUTRA] Text (SKRIPSI_1902056028_RIZKY_PRATAMA_PUTRA)
1902056028_Rizky Pratama Putra_Skripsi Full - 6028 Rizky Pratama Putra.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji keberadaan visum et repertum yang digunakan sebagai alat bukti dalam perkara tindak pidana kekerasan terhadap orang ketika proses pembuktian dipersidangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah visum et repertum selalu dapat mempengaruhi hakim dalam pertimbangannya saat menjatuhkan putusan terhadap terdakwa. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kedudukan dan kekuatan visum et repertum yang dijadikan sebagai alat bukti dalam tindak pidana kekerasan terhadap orang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif sehingga jenis data dalam penulisan ini menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder tersebut meliputi bahan hukum primer berupa Putusan No.52/Pid.B/2021/PN.Krg. dan peraturan perundang-undangan, bahan hukum sekunder berupa buku-buku tentang pembuktian dan bahan hukum tersier sebagai penjelas dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian adalah pertama, visum et repertum memiliki kedudukan sebagai pengganti corpus delicti dan sebagai alat bukti surat dan keterangan ahli dengan dasar hukum pasal 184 ayat (1) KUHAP. Kedua, Visum et repertum memliki kekuatan sebagai alat bukti yang menguatkan alat bukti yang lain. Oleh karena itu, visum et repertum mampu menjadi alat bukti yang kuat dan menguatkan namun visum tidak dapat menjadi alat bukti yang paling penting dan tidak dapat berdiri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Visum Et Repertum; alat bukti; kekerasan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:25
Last Modified: 10 Aug 2024 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics