Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pengupahan bagi anak yang bekerja pada orang tuanya : studi kasus di Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan

Farikhin, Ahmad (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pengupahan bagi anak yang bekerja pada orang tuanya : studi kasus di Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036026_Ahmad_Farikhin] Text (Skripsi_1902036026_Ahmad_Farikhin)
Skripsi_1902036026_Ahmad_Farikhin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kesepakatan dalam perjanjian kerja seorang anak yang bekerja di tempat usaha milik orang tuanya, menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan, sebagai upaya menghindari adanya masalah dan konflik antara anak dan orang tua. Pengupahan yang diberikan kepada anak dalam bentuk dan besaran yang beragam, sehingga tidak ada kepastian ukuran yang sesuai. Penelitian ini fokus mengkaji terhadap praktik pengupahan kerja bagi anak yang bekerja pada orang tuanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah sistem pengupahan kerja seorang anak di tempat kerja milik orang tuanya di Kecamatan Tawangharjo dan bagaimanakah analisis terhadap sistem pengupahan kerja seorang anak di tempat kerja milik orang tuanya di Kecamatan Tawangharjo berdasarkan perspektif hukum islam.
Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis data kualitatif yang diperoleh dari 15 (lima belas) sampel penelitian. Metode analisisnya yaitu deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upah kerja yang diberikan telah sesuai dengan perjanjian kerja. Perjanjian kerja harus memuat ketentuan pekerjaan dan upah baik itu secara tertulis maupun lisan. Perjanjian kerja seorang anak di tempat usaha milik orang tuanya dilakukan secara lisan dengan menyebutkan ketentuan kerja dan pengupahan. Sedangkan pekerjaan yang dilakukan dengan niat membantu tidak ada perjanjian kerja maupun pernyataan upah sehingga tidak ada kewajiban pemberian upah secara pasti. Pengupahan dalam hukum islam dilaksanakan menggunakan akad ijarah, sehingga rukun dan syaratnya harus terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Upah anak; Pekerja anak; Orang tua
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:44
Last Modified: 10 Aug 2024 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics