Manajemen wisata religi pada makam Sunan Ngerang Juwana Pati

Wicaksono, Muhammad Nadhif Setiyo (2023) Manajemen wisata religi pada makam Sunan Ngerang Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1601036140_MUHAMMAD_NADHIF_SW_SKRIPSI_LENGKAP] Text (1601036140_MUHAMMAD_NADHIF_SW_SKRIPSI_LENGKAP)
1601036140_Muhammad Nadhif Setiyo Wicaksono_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Judul : Manajemen Wisata Religi Pada Makam Sunan Ngerang Juwan Pati
Penulis : Muhammad Nadhif Setiyo Wicaksono
NIM : 1601036140
Manajemen dalam destinasi wisata religi sangatlah diperlukan adanya, guna untuk menunjang segala keperluan yang ada serta untuk mencapai suatu tujuan. Perjalanan wisata atau wisata religi adalah wisata yang menjelaskan cakupan kerohanian,mencangkup agama,ataupun kepercayaan adat istiadat yang dipercaya sebagian masyarakat. Wisata yang dilakukan biasanya dengan mengunjungi tempat sakral atau yang dianggap bagi sebagian masyarakat.
Dalam Ruang lingkup wisata religi tentunya terdapat manajemen yang mempunyai peran yang sangat penting. Dengan adanya manajemen akan mempermudah dalam proses pengelolaan itu sendiri. Dengan adanya hal itu ,Skirpsi ini akan menjelaskan mengenai cakupan Manajemen wisata religi pada Makam Sunan Ngerang diantaranya 1. Bagaimana destinasi wisata religi makam Sunan Ngerang? Yang ke 2. Bagaimana manajemen wisata relgi makam Sunan Ngerang di desa Pekuwon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati?
Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan dalam metode penelitian ini yang mana dengan hasil penelitian tersebut akan menjadi acuan dalam penulisan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan destinasi wisata religi makam Sunan Ngerang antara lain makam sebagai daya tarik wisata pengunjung dapat melakukan kegiatan something to see yang dimana pengunjung bisa melihat-lihat berbagai hal yang ada di Makam Sunan Ngerang sepert peninggalan sejarah, nisan tertua, serta lokasi yang dekat dengan pantai, something to do pengunjung bisa melakukan kegiatan berziarah, tahlil, serta doa bersama dan something to buy pengunjung bisa berbelanja oleh-oleh yang berada di depan Makam Sunan Ngerang. Manajemen wisata religi Makam Sunan Ngerang mencakup fungsi Perencanaan (Planning) adanya rapat rutin yang diadakan setiap Selasa Kliwon yang dalam rapat tersebut akan dibahas agenda progam kerja tahunan sepeti acara khoul¸ pengajian umum dll, Pengorganisasian (Organizing) dengan dibentuknya kepengurusan yang terstruktur, pembagian seksi-seksi yang sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing serta telah memiliki izin sesuai dari badan Hukum dan HAM, Penggerakan (Actuating ) Pengurus Yayasan Makam Sunan Ngerang menerapkan proses penggerakan kegiatan pengarahan, memberikan motivasi dan melaksanakan program kerja tahunan seperti acara khoul, pengajian umum, Istighosah dll, Pengawasan (Controling) pada Yayasan Makam Sunan Ngerang dengan dibentuknya badan pengawas yang bertugas melakukan pengawasan dalam berjalannya program kerja dan monitoring dan evaluasi program kerja dilaksanakan setiap ada rogram kerja yang berlangsung agar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Destinasi Wisata; Wisata Religi; Sunan Ngerang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Aug 2024 03:38
Last Modified: 10 Aug 2024 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23367

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics