Tinjauan hukum Islam terhadap praktik simpanan Hasanah (Arisan Bar Garik Ora Udu) di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang

Sri Anjani, Ulya Khusna (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik simpanan Hasanah (Arisan Bar Garik Ora Udu) di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036103_Ulya_Khusna_Sri_Anjani] Text (Skripsi_1902036103_Ulya_Khusna_Sri_Anjani)
Skripsi_1902036103_Ulya_Khusna_Sri_Anjani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Arisan merupakan kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi di antara mereka untuk menentukan siapa yang memperolehnya dalam sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya. Berbeda dengan arisan Bar Garik Ora Udu di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang merupakan simpanan yang dikemas dalam bentuk arisan. Praktik arisan ini berbeda dari arisan yang lain karena menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah, bagi anggota arisan yang telah mendapatkan arisan maka tidak diwajibkan untuk setor kembali di bulan berikutnya. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dari persoalan tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam ini adalah penelitian field reseach dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua sumber yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dari hasil penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitiannya yaitu Arisan Bar Garik Ora Udu dalam praktiknya terdapat unsur ketidak adilan dalam penyetoran arisan, tidak semua anggota arisan setor arisan dengan jumlah yang sama. Adapun dalam Fatwa No 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan yang menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah dalam arisan ini tidak sah, karena pada prinsipnya akad wadi’ah yad dhamanah boleh memberi bonus atau hadiah pada orang yang menitipkan barang secara sekarela tanpa dijanjikan di awal. Maka dapat dikatakan bahwa praktik Arisan Bar Garik Ora Udu belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Simpanan; Arisan; Wadi’ah Yad Dhamanah; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:36
Last Modified: 12 Aug 2024 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23387

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics