Implementasi fatwa DSN-MUI No: 110/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad jual beli : studi pada Shopee barokah dalam marketplace Shopee

Fadila, Muhammad Fikri (2023) Implementasi fatwa DSN-MUI No: 110/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad jual beli : studi pada Shopee barokah dalam marketplace Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036114_Muhammad_Fikri_Fadila] Text (Skripsi_1902036114_Muhammad_Fikri_Fadila)
Skripsi_1902036114_Muhammad_Fikri_Fadila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, kegiatan jual beli saat ini tidak hanya dilakukan secara offline saja akan tetapi, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun yakni dengan cara online. Hal itu terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Akan tetapi, masih terdapatnya transaksi yang tidak sesuai dengan prinsip syariah di dalam kegiatan jual beli online. Karena itu, kita perlu mewaspadai penerapan prinsip-prinsip syariat Islam dalam segala aktivitas, terutama dalam hal bermuamalah. Melihat hal ini, marketplace Shopee menggiatkan platform Shopee Barokah, Shopee Barokah mengklaim bahwa transaksi yang diterapkan di dalamnya sudah sesuai dengan syariat Islam. Dikarenakan Shopee Barokah ini dapat menjadi solusi bagi umat muslim dalam melakukan transaksi jual beli online yang tentu saja menerapkan prinsip-prinsip syariah. Maka penting bagi umat muslim yang ingin melakukan transaksi jual beli online melalui Shopee Barokah ini untuk tahu apakah benar Shopee Barokah ini menerapkan prinsip-prinsip syariah berdasarkan Fatwa Akad Jual Beli.
Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan pokok pembahasan dalam skripsi ini yaitu, Bagaimana mekanisme jual beli pada Shopee Barokah dalam marketplace Shopee serta Bagaimana implementasi fatwa DSN-MUI No: 110 tentang Akad Jual Beli pada Shopee Barokah dalam marketplace Shopee.
Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan atau penelitian kancah (field research), pendekatan penelitian yang digunakan ialah yuridis empiris.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme Shopee Barokah ialah menerapkan akad salam. Selanjutnya Shopee Barokah sudah memenuhi ketentuan yang ada dalam Fatwa DSN-MUI No: 110/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Akad Jual Beli, yang berarti Shopee Barokah dapat menjadi solusi bagi umat muslim yang ingin berbelanja online sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shopee Barokah; Jual Beli; Fatwa DSN-MUI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:52
Last Modified: 12 Aug 2024 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics