Jual beli slot chip koin di game online : studi kasus di Game Higgs Domino dalam perspektif fiqh muamalah

Setiawan, Andrian Adi (2023) Jual beli slot chip koin di game online : studi kasus di Game Higgs Domino dalam perspektif fiqh muamalah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036152_Andrian_Adi_Setiawan] Text (Skripsi_1902036152_Andrian_Adi_Setiawan)
Skripsi_1902036152_Andrian_Adi_Setiawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam perkembangan zaman sekarang banyak teknologi yang sangat berkembang pesat salah satunya adalah permainan game online. Higgs Domino adalah salah satu jenis permainan yang sangat diminati dalam belakangan ini, game online ini memberikan tampilan, hiburan dan lain sebagainya. Fasilitas yang paling menonjol slot, yaitu permainan dengan kotak-kotak kecil yang banyaknya 20 dimainkan dengan cara klik tombol spin permainan ini dimainkan secara online. Praktek yang dilakukan dalam permainan ini adalah chip bila kita menang akan mendapatkan koin maya tersebut yang biasa disebut chip. Namun yang terjadi permasaahannya adalah praktek jual beli chip karena perbedaan harga, seseorang membeli chip orang yang sama tetapi harganya berbeda tergantung orang tersebut membeli dari dalam lingkup wilayah atau dari luar wilayah. Oleh karena itu jual beli yang berbeda-beda dengan batasan wilayah mengandung hukum yang belum jelas. Melingkup dalam hukum islam dan fiqh muamalah terhadap jual beli chip ini, apakah sah/tidaknya jual beli yang dilakukan tersebut. Penelitian dilakukan adalah library research yang terkait dengan pokok bahasan, dilakukan dengan mencari apa yang berhubungan dengan jual beli dalam islam, web, homepage/situs-situs sebagai sumber data primer. Dalam pengumpulan data dengan cara wawancara dengan informan yang terlibat langsung dalam proses transaksi jual beli chip. Setelah dilakukan penelitian, bahwa jual beli chip dibolehkan karena chip termasuk hak yang tidak boleh adalah dalam permainan tersebut mengandung unsur maysir. Selain itu perbedaan harga dibolehkan karena penetapan tersebut mendekati atau tidak terlalu jauh harganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Chip; Hukum Ekonomi Syariah; Higgs Domino; Fiqh muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:02
Last Modified: 12 Aug 2024 09:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics