Analisis hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan akad pelayanan dan resiko pada Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Rembang

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2023) Analisis hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan akad pelayanan dan resiko pada Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036162_Wahyuningsih] Text (Skripsi_1902036162_Wahyuningsih)
Skripsi_1902036162_Wahyuningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap Akad Jasa Pelayanan dan Resiko pada Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Rembang. Pelaksanaan pengiriman barang merupakan salah satu kegiatan bermuamalah yang termasuk pada akad ijarah. Namun, pada praktik pelaksanaan pada beberapa transaksi belum sesuai dengan akad yang disepakati di awal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan akad jasa pelayanan dan resiko di Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Rembang dan bagaimana analisis hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan akad jasa pelayanan dan resiko di Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Rembang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara terstruktur dengan konsumen dan pihak JNE Cabang Rembang. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Metode analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada praktik pengiriman jasa di JNE Cabang Rembang masih sering terjadi keterlambatan dalam pengiriman, bahkan adanya barang rusak. Meskipun demikian, pihak JNE tetap bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi yang semestinya kepada pihak konsumen, dan mengenai keterlambatan barang biasanya pihak JNE memberikan struk atau resi kepada konsumen untuk mengetahui sampai mana barang dikirim. Menurut perspektif Hukum Ekonomi Syariah yang berdasar pada fatwa DSN MUI No: 112/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Ijarah, praktik pengiriman jasa di JNE Cabang Rembang telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang ada di dalamnya. Adanya keterlambatan pengiriman barang, kerusakan barang, bahkan barang hilang, JNE Cabang Rembang telah bertanggung jawab atas resiko yang terjadi dalam proses pengiriman barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad Ijarah; Risiko Pengiriman; JNE; Akad pelayanan; Hukum ekonomi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:38
Last Modified: 13 Aug 2024 08:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics