Perlindungan karya cipta fotografi dalam tinjauan hukum ekonomi syariah dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 terhadap foto katalog produk BY A CLOTH : di platform Shopee

Rizqina, Asri (2023) Perlindungan karya cipta fotografi dalam tinjauan hukum ekonomi syariah dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 terhadap foto katalog produk BY A CLOTH : di platform Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036163_Asri_Rizqina] Text (Skripsi_1902036163_Asri_Rizqina)
Skripsi_1902036163_Asri_Rizqina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan yang pesat kini membawa media sosial paling berdampak pada masyarakat Indonesia. Beberapa kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan adanya media sosial saat ini, seperti berbelanja secara online. Hal ini dimanfaatkan oleh brand BY A CLOTH untuk berjualan produknya secara online di platform shopee. Pelanggaran terhadap karya cipta/hak cipta yang terjadi pada beberapa online shop yang berjualan di shopee tanpa adanya izin dari pihak pemegang hak cipta atas potret foto katalog produk BY A CLOTH.
Kaitannya dengan penelitian ini, terdapat 2 rumusan masalah. Pertama, Bagaimana perlindungan hukum atas hak cipta foto katalog produk BY A CLOTH milik Arina Mina Arofah di platform shopee?, kedua, Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta terhadap pelanggaran hak cipta foto katalog produk BY A CLOTH?. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian hukum yuridis-empiris. Sumber data dari penelitian ini penulis peroleh dari hasil wawancara terhadap pemegang hak cipta/owner BY A CLOTH dan observasi di lapangan yaitu media sosial dan beberapa e-commerce terkenal. Selain itu, sumber data juga diperoleh dar jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang kemudian dianalisis berdasarkan tinjauan hukum positif dan hukum islam untuk ditarik kesimpulan.
Temuan penelitian ini adalah memang benar terjadi pelanggaran hak cipta berupa pencurian foto katalog produk dari brand BY A CLOTH oleh beberapa online shop yang tidak bertanggung jawab. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta belum mampu memberikan jaminan tidak adanya pelanggaran hak cipta. Hak cipta juga diatur dalam hukum ekonomi syariah karena bertentangan dengan hukum ekonomi syariah, berdasarkan pendapat jumhur ulama dan fatwa MUI No.1/MUNAS VII MUI/15/2005 karena memanfaatkan benda milik orang lain ( huquq al māliyah ) tanpa izin, guna untuk mendapatkan keuntungan secara pribadi dan hal tersebut masuk ke dalam tindakan ghasab. Dimana pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual termasuk di dalamnya hak cipta merupakan tindakan yang zalim dan haram hukumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan; Karya cipta fotografi; Hukum ekonomi syariah; Pelanggaran; Shopee
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:45
Last Modified: 13 Aug 2024 08:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics