Penerapan fatwa DSN MUI (Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia) No. 75 Tahun 2009 tentang penjualan langsung berjenjang syariah : studi member PT. Orindo Alam Ayu

Nurrohmah, Fatma (2023) Penerapan fatwa DSN MUI (Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia) No. 75 Tahun 2009 tentang penjualan langsung berjenjang syariah : studi member PT. Orindo Alam Ayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036167_Fatma_Nurrohmah] Text (Skripsi_1902036167_Fatma_Nurrohmah)
Skripsi_1902036167_Fatma_Nurrohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bisnis MLM merupakan suatu metode penjualan barang maupun jasa dengan menggunakan pemasaran network marketing atau pola penjualan berjenjang. Berdasarkan sistem tersebut setiap member memperoleh penghasilan dari hasil penjualan produk, perekrutan anggota baru, serta pembinaan terhadap jaringannya. Bisnis MLM dalam syariah Islam diatur dalam fatwa DSN-MUI No. 75 Tahun 2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Penelitian ini bermula dari kegelisahan penulis serta masyarakat yang sempat bergabung dengan suatu bisnis di PT. Orindo Alam Ayu dan merasa ragu dengan sistem kinerja yang ada pada perusahaan tersebut. Penulis merasa bingung dengan sistem kinerja yang diterapkan dalam perusahaan tersebut apakah sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang ada di dalam Fatwa MUI atau belum, apalagi di profil perusahaan tidak menerangkan bahwa telah menerapkan prinsip syariah, sehingga penulis tertarik untuk menganalisis hal tersebut.
Dengan adanya masalah tersebut penulis ingin membahas mengenai: 1) Sistem kinerja pada PT. Orindo Alam Ayu; 2) Analisis Fatwa MUI terhadap sistem kinerja di PT. Orindo Alam Ayu. Adapun jenis penelitian masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif-empiris dan menggunakan jenis data kualitatif dimana penulis menganalisis data yang ada di lapangan dengan studi pustaka berupa Fatwa MUI, kemudian data yang dihasilkan berupa kata-kata serta tidak menekankan pada angka. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa sistem kinerja yang diterapkan di perusahaan sudah sesuai dengan ketentuan hukum serta ketentuan akad dalam Fatwa MUI No. 75 Tahun 2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: MLM syariah; Fatwa MUI; Penjualan langsung berjenjang syariah;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:52
Last Modified: 13 Aug 2024 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23410

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics