Tinjauan hukum Islam terhadap fitur affiliate program pada Tokopedia

Muttaqin, M. Zidane Chaerul (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap fitur affiliate program pada Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036177_M._Zidane_Chaerul_Muttaqin] Text (Skripsi_1902036177_M._Zidane_Chaerul_Muttaqin)
Skripsi_1902036177_M._Zidane_Chaerul_Muttaqin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Affiliate Program merupakan fitur di aplikasi Tokopedia yang dapat menghasilkan komisi bagi para penggunanya untuk mempromosikan produk milik Penjual dengan membagikan link yang di generate melalui Tokopedia, akan tetapi pengguna seringkali tidak mendapatkan komisi yang di dapatkan pengguna tidak sesuai dengan jumlah kunjungan promosi produk Tokopedia. Penelitian yang dibuat ini adalah penelitian kualitatif yang mengkaji praktek dan komisi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini permasalahan pokok pembahasan yang dijadikan dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimanakah praktek penggunaan fitur affiliate program pada Tokopedia 2) Bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap Komisi yang didapatkan dari penggunaan Affiliate program pada Tokopedia.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, digunakan penelitian Yuridis-empiris yaitu Penelitian yang mengkaji hukum sebagai norma yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat yang dilakukan terhadap keadaan yang sebenarnya dengan maksud menemukan fakta-fakta yang dapat dijadikan data penelitian. Adapun sumber data menggunakan wawancara, observasi dan pendapat dari narasumber yang kemudian diulas dan disimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memberikan upah kepada pengguna yang telah menyelesaikan misi dari praktek Affiliate Program Tokopedia hukum nya halal dan tidak melanggar Hukum Islam dan Akad Ju’alah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Affiliate Program; Tokopedia; Hukum Islam; Akad jualah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:57
Last Modified: 13 Aug 2024 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics