Praktik penyelundupan narkotika di lembaga pemasyarakatan dan upaya penanggulangannya (studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang)

Rahmawati, Kiki (2023) Praktik penyelundupan narkotika di lembaga pemasyarakatan dan upaya penanggulangannya (studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056040_KIKI_RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_1902056040_KIKI_RAHMAWATI)
1902056040_Kiki Rahmawati_Lengkap Tugas Akhir - 6040 Kiki Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penyelundupan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang termasuk tergolong tinggi. Adanya upaya penyelundupan narkotika ini mengindikasikan bahwa terdapat komunikasi antara narapidana dengan orang luar yang merupakan pengedar narkotika, dimana dari komunikasi tersebut timbulah sebuah transaksi. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis praktik penyelundupan narkotika dan upaya penanggulangan penyelundupan narkotika yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan atau yuridis empiris sehingga data penyelundupan narkotika dan upaya penanggulangannya berdasarkan hasil dari wawancara. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dengan teknik snowballing. Hasil dari pengumpulan data berupa data tentang praktik penyelundupan narkotika dan upaya penanggulangan penyelundupan narkotika yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa di Lapas Kelas I Semarang seringkali terjadi penyelundupan narkotika melalui kunjungan warga binaan, pelemparan, dan adanya bantuan dari oknum petugas. Kemudian dalam penanggulangannya Lapas Kelas I Semarang telah melakukan berbagai hal seperti mengoptimalkan pemeriksaan barang bawaan pengunjung, pembentukan tim intelijen, razia rutinan dan razia dadakan, patroli, sosialisasi bahaya narkotika dan kode etik bagi petugas lapas, dan pemberian hukuman disiplin pada narapidana dengan diberikan Letter F, serta memasukkan narapidana ke dalam sel isolasi dengan kurun waktu tertentu. Pemeriksaan barang bawaan pengunjung yang dilakukan secara manual ini mengakibatkan terjadinya human eror, sehingga menjadikan penyelundupan narkotika masih terus terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyelundupan narkotika; Upaya penanggulangan penyelundupan narkotika; Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:54
Last Modified: 15 Aug 2024 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23423

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics