Perempuan NU dan politik : studi kasus mobilisasi Fatayat NU Kabupaten Sragen terhadap pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah pada Pilgub Jawa Tengah tahun 2018

Putri, Dedek Nindya (2023) Perempuan NU dan politik : studi kasus mobilisasi Fatayat NU Kabupaten Sragen terhadap pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah pada Pilgub Jawa Tengah tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1606016023_Dedek_Nindya_Putri] Text (Skripsi_1606016023_Dedek_Nindya_Putri)
Skripsi_1606016023_Dedek_Nindya_Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pilkada merupakan bentuk perwujudan demokrasi lokal di daerah dan menjadi salah satu tolok ukur tingkat partisipasi politik masyarakat secara regional. Partai sebagai mesin politik merupakan kekuatan internal power dalam konstestasi politik. Kedudukan ormas Fatayat NU dianggap ada kekuataan, dimanfaatkan ke dalam kepentingan pemenangan salah satu pasangan calon dalam kontestasi pilkada langsung Jawa Tengah 2018. Keterlibatan ormas dapat memberikan dampak untuk kegiataan politik di Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi mobilisasi Fatayat NU Kabupaten Sragen dalam mendukung pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah di Pilgub Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisa data ini diperoleh dari menelaah seluruh data yang bersumber dari wawancara, observasi, telaah dokumentasi, dan foto sesuai data dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian Sudirman Said-Ida Fauziyah merupakan figure aktifis Sudirman Said pernah menjabat sebagai Menteri Energy Dan Sumber Daya Mineral di Kabinet Jokowi, kemudian untuk Ida Fauziyah merupakan mantan ketua umum PP Fatayat NU dan merupakan mantan anggota DPR RI termuda. Sudirman Said-Ida Fauziah punya langkah cerdas yaitu melakukan pendekatan, serta meminta restu kepada PBNU, sehingga optimistis dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Hasil pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 di Kabupaten Sragen dimenangkan oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sudirman Said-Ida Fauziyah. Perolehan suara tertinggi terdapat di TPS Kecamatan Sragen dan Kecamatan Masaran yakni mencapai 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pilkada; Fatayat NU; Pilkada; Calon Gubernur; Jawa Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:42
Last Modified: 19 Aug 2024 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics