Peran ustadz tahfidz pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda dalam meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an para santri

Shidiq, Harun Purnomo (2023) Peran ustadz tahfidz pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda dalam meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an para santri. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1601036020_HARUN_PS_SKRIPSI] Text (1601036020_HARUN_PS_SKRIPSI)
1701036020_Harun Purnomo Shidiq_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Harun Purnomo Shidiq (1701036020) Peran Ustadz Tahfidz Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Para Santri.

Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana program hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda. (2) Bagaimana kesulitan yang dihadapi para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda dalam menghafalkan Al-Qur’an (3) Apa saja peran Ustadz Tahfidz dalam meningkatkan motivasi serta kemampuan menghafal Al-Qur’an para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dan dalam memperoleh data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitan meliputi sumber data primer yang didapat dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda. Sedangkan sumber data sekundur didapat dari arsip, buku dan sumber lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana program hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda, kesulitan yang dihadapi para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda dalam menghafalkan Al-Qur’an, serta peran Ustadz Tahfidz dalam meningkatkan motivasi serta kemampuan menghafal Al-Qur’an para santri. Kemudian data yang telah didapat berdasarkan dengan menggunakan metode analisis deskriptif serta pendekatan kualitatif yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder, bersumber pada observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi untuk dipaparkan menjadi hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah terdapat program takhasus yang diterapkan untuk menghafal dilaksanakan setiap jam 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh) pagi dan jam 4 (empat) sampai 5 (lima) sore dengan kegiatan tambahan pada hari kamis sampai jum’at Semaan (Simaan) Al-Qur'an rutin secara bergilir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Huda. Terdapat kesulitan internal, seperti beradaptasi, mengatur waktu, dan naik turunnya fokus berlajar. Sedangkan kesulitan ekternal, seperti kekurangan waktun untuk dibagi pada jadwal sekolah, kegiatan tambahan, dan hafalannya. peran Ustadz Tahfidz yaitu dengan meningkatkan pengawasan dan motivasi menghafal melalui pendekatan lebih kepada setiap santrinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur’an; Peran Ustadz Tahfidz; Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:45
Last Modified: 19 Aug 2024 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23440

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics