Dinamika politik pengisian perangkat desa : studi kasus Desa Kareo Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang-Banten tahun 2022

Nurhadini, Mela (2023) Dinamika politik pengisian perangkat desa : studi kasus Desa Kareo Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang-Banten tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016007_Mela_Nurhadini] Text (Skripsi_1806016007_Mela_Nurhadini)
Skripsi_1806016007_Mela_Nurhadini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (820kB)

Abstract

Pengisian perangkat desa di Desa Kareo pada tahun 2022 mengalami dinamika politik yang Cukup menarik. Pasca Pilkades ada 4 (empat) Perangkat Desa Kareo yang diberhentikan dari jabatannya sebagai Perangkat Desa. Perangkat Desa lama dipaksa mundur karena Kepala Desa baru menghendaki perombakan formasi dalam Perangkat Desa agar Perangkat Desa lama diganti oleh orang-orang terdekatnya. Hal ini pada akhirnya mempengaruhi proses pengangkatan Perangkat Desa yang tidak berjalan sesuai dengan semestinya dan melewatkan banyak tahapan-tahapan. Proses seleksi yang seharusnya ada dan digunakan untuk mengukur kelayakan calon Perangkat Desa akhirnya tidak dijalankan karena calon Perangkat Desa sudah ditetapkan sejak awal oleh Kepala Desa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika politik yang terjadi dalam pengisian perangkat desa di Desa Kareo, siapa saja aktor-aktor yang terlibat di dalamnya serta relasi aktor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi dari arsip data pemerintahan setempat.
Hasil penelitian menunjukkan dinamika politik yang ada dalam pengisian perangkat desa di desa Kareo berkaitan dengan adanya pemberhentian perangkat desa. Pemberhentian sepihak yang dilakukan oleh Kepala Desa membuat Perangkat Desa Kareo merasa tidak puas dan melapor kepada DPMD sehingga DPMD menolak mengeluarkan surat rekomendasi pemberhentian perangkat desa melalui Camat. Namun Camat memilih tetap mengeluarkan Surat Rekomendasi tanpa memperhitungkan pendapat DPMD sehingga Perangkat Desa Kareo pada Akhirnya tetap diberhentikan. Penelitian juga mencatat bahwa meskipun Bupati mengeluarkan surat edaran yang melarang pemberhentian perangkat desa, hal ini tidak mempengaruhi pemulihan jabatan Perangkat Desa Kareo yang telah diberhentikan. Adanya relasi Patron Client antara Kepala Desa dan Tim Sukses juga menjadi salah satu faktor penyebab pemberhentian perangkat desa. Kepala Desa berupaya mengosongkan jabatan perangkat desa demi menarik Tim Suksesnya ke dalam pemerintahan desa yang berada di bawah kepemimpinannya. Akibatnya, proses pengisian Perangkat Desa Kareo mengalami kelemahan, terutama dalam hal sosialisasi dan seleksi sehingga mengurangi partisipasi dan pengawasan masyarakat dalam proses pengisian perangkat desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberhentian; Pengangkatan; Perangkat desa; Pemerintahan desa; Dinamika politik
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 321 Systems of governments and states
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:34
Last Modified: 19 Aug 2024 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics