Marketing politik PDI Perjuangan dalam pemilihan legislatif di Kabupaten Pati tahun 2019

Amri, Muh Nidhomul (2023) Marketing politik PDI Perjuangan dalam pemilihan legislatif di Kabupaten Pati tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016086_Muh_Nidhomul_Amri] Text (Skripsi_1806016086_Muh_Nidhomul_Amri)
Skripsi_1806016086_Muh_Nidhomul_Amri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan PDI Perjuangan yang mendominasi di Kabupaten Pati dengan prestasi perolehan kursi di DPRD Kabupaten Pati terbanyak daripada partai lain. PDI Perjuangan mengalami peningkatan dari pemilihan legislatif tahun 2014 ke tahun 2019, penulis dengan judul skripsi: “Marketing Politik Legislatif PDI Perjuangan di Kabupaten Pati Tahun 2019”.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan oleh peneliti karena dengan metode ini permasalahan dapat dideskripsikan secara jelas dan terprinci serta dapat merujuk pada tujuan penelitian yaitu memberikan gambaran yang komprehensif tentang proses marketing politik PDI Perjuangan Kabupaten Pati. Perolehan sumber primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung melalui wawancara mendalam kepada caleg dan Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pati. Data sekunder didapatkan dari literatur kepustakaan seperti buku, jurnal, website serta sumber-sumber lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan sesuai landasan teori dari Firmazah dalam marketing politik legislatif yang dilaksanakan PDI Perjuangan Kabupaten Pati melalui pendekatan 4P yaitu product, promotion, price, dan place. PDI Perjuangan Kabupaten Pati dalam pelaksanaan marketing politik legislatif menggunakan strategi door to door dan pamflet yang berisikan kandidat calon partai yang nantinya dicetak dan ditempel pada tempat-tempat yang sekiranya sering terjadi mobilitas masyarakat. Sehingga dengan begitu masyarakat akan mengenal sosok calon pemimpin yang diusung oleh PDI Perjuangan.

ABSTRACT:
This research method uses a descriptive qualitative method. This method is used by researchers because with this method problems can be described in a clear and detailed manner and can refer to the research objective of providing a comprehensive picture of the PDI Perjuangan political marketing process in Pati Regency. Obtaining primary sources in this study were obtained directly through in-depth interviews with candidates and the PDI Perjuangan DPC Board of Pati Regency. Secondary data obtained from literature such as books, journals, websites and other sources.
The results of the study show that according to the theoretical basis of Firmazah in legislative political marketing carried out by PDI Perjuangan Pati Regency through the 4P approach, namely product, promotion, price, and place. PDI Perjuangan Pati Regency in implementing legislative political marketing uses a door to door strategy and pamphlets containing party candidates which will later be printed and pasted in places where people's mobility often occurs. So that in that way the public will know the figure of the prospective leader that is carried by the PDI Perjuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: PDI Perjuangan; Marketing Politik; Pemilihan Legislatif; Partai Politik
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:44
Last Modified: 19 Aug 2024 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23457

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics