Pengaruh harga, kualitas produk, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada Lazada : studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019-2022

Putra, Muhamad Ade (2023) Pengaruh harga, kualitas produk, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada Lazada : studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo angkatan 2019-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905056034_Muhamad_Ade_Putra] Text (Skripsi_1905056034_Muhamad_Ade_Putra)
Skripsi full revisi bab 1-5 M Ade P - Muhammad Ade Putra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk hidup yang mempunyai kebutuhan sangat banyak dan tak terbatas. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, manusia dimudahkan oleh adanya internet, salah satunya melalui marketplace Lazada. Lazada merupakan marketplace ketiga terbesar di Indonesia setelah Shopee dan Tokopedia. Harga produk Lazada terjangkau, kualitas produk yang baik juga dapat ditemukan pada Lazada, serta terdapat tulisan dan logo halal pada sebagian kemasan produk Lazada yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan keputusan pembelian, tetapi menurut data yang dimuat oleh iPrice Lazada masih berada jauh dibawah Shopee dan Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk dan label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2022 yang berjumlah 2.015 Mahasiswa aktif dengan menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan kuesioner dengan sampel 102 orang responden pengguna marketplace Lazada pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2022. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Lazada pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga; kualitas produk; label halal; keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:56
Last Modified: 20 Aug 2024 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23480

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics