Analisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopee :studi mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang

Ahmad, Bintang Gimnastiar (2023) Analisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk di marketplace Shopee :studi mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905056035_Bintang_Gimnastiar_Ahmad] Text (Skripsi_1905056035_Bintang_Gimnastiar_Ahmad)
1905056035_bintang_Full Skripsi - Bintang Gimnastiar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Marketplace shopee mengalami ketidaksatabilan pengunjung pada Q1 2019- Q1 2022 yang disebabkan oleh persaingan antar marketplace. Ketidakstabilan pengunjung tersebut biasanya karena ada beberapa pertimbangan dari konsumen, diantaranya online customer Review dan Online Customer Rating. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Online Customer Review dan Online Customer Rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019- 2022. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik purposive sampling menggunakan kuisioner dengan sampel 100 orang responden pengguna marketplace shopee pada Mahasiswa aktif UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan dengan meperoleh Thitung 2.872 > Ttable 1.984 dan nilai signifikansinya 0.005 lebih kecil dari 0.05 dan Online Customer Rating berpengaruh secara simultan tetapi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara online pada Marketplace Shopee hal ini di sebabkan Thitung 1.315 > Ttabel 1.984 dan nilai signifikansinya 0,192 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Customer review; customer rating; keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Aug 2024 09:16
Last Modified: 20 Aug 2024 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23489

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics