Strategi evaluasi dan supervisi kinerja guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 14 Kota Tegal

Setiadi, Fadlila (2024) Strategi evaluasi dan supervisi kinerja guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 14 Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036033_Fadlila Setiadi_Lengkap] Text (Skripsi_1803036033_Fadlila Setiadi_Lengkap)
Skripsi_1803036033_Fadlila Setiadi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi evaluasi dan supervisi kinerja guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi evaluasi dan supervisi kinerja guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 14 Kota Tegal, pertama kepala sekolah melakukan kunjungan kelas untuk menetapkan nilai bahwa baru ada 3 dari 40 guru yang menerapkan kurikulum merdeka. Mengenai hal tersebut kepala sekolah mengadakan pembinaan supervisi agar bisa mengembangkan kemampuan dan potensi guru tentang penerapan kurikulum merdeka. Sebuah usaha tindak lanjut dari kepala sekolah yaitu dengan mengadakan kegiatan pelatihan IHT (In House Training) mengenai cara melaksanakan pembelajaran di kelas menggunakan kurikulum merdeka.
Berdasarkan kegiatan tersebut memberikan dampak berpengaruh terhadap penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri 14 Kota Tegal yaitu : (1)P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah dilaksanakan sebanyak 4 kali, (2)Launching Aplikasi Bank Sampah dan Produk Kopi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, (3)Metode mengajar yang diterapkan lebih berpihak terhadap peserta didik melalui pembelajaran yang beragam, (4)Terbentuknya Komunitas Belajar (Kombel).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Evaluasi; Supervisi; Kinerja guru; Kurikulum merdeka
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:03
Last Modified: 21 Aug 2024 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23536

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics