Manajemen layanan referensi di Perpustakaan UIN Walisongo

Rahayu, Andini Arifah (2024) Manajemen layanan referensi di Perpustakaan UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036008_Andini Arifah Rahayu_Lengkap] Text (Skripsi_1903036008_Andini Arifah Rahayu_Lengkap)
Skripsi_1903036008_Andini Arifah Rahayu_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (842kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keprihatinan peneliti terkait dengan fungsi layanan referensi yang belum banyak diketahui oleh sebagian mahasiswa dan pegawai maupun staf Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami bagaimana manajemen layanan referensi perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini mengambil rumusan permasalahan: Bagaimana implementasi dari manajemen layanan referensi di perpustakaan UIN Walisongo Semarang?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini lebih menggunakan analisis dalam penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen layanan referensi perpustakaan UIN Walisongo Semarang sudah cukup baik. Namun pada fungsi pengorganisasian manajemen layanan referensi di Perpustakaan UIN Walisongo belum memadai karena hanya ada satu petugas referensi yang aktif memberikan layanan. Dalam manajemen kendala atau hambatan selama proses manajemen sedang berlangsung merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk itu UPT Perpustakaan Pusat UIN Walisongo melakukan kegiatan Benchmarking (Studi Banding), menggunakan strategi Personal Selling (Jemput Bola), membuat Inovasi layanan referensi. Tetapi, hal tersebut belum sepenuhnya maksimal dilakukan, karena pada pelaksanaannya tidak sejalan dengan perencanaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Layanan referensi; Perpustakaan
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:16
Last Modified: 22 Aug 2024 01:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics