Manajemen boarding school dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus

Zusron, Wifaqul Azmi (2023) Manajemen boarding school dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036025_Wifaqul Azmi Zusron_Lengkap] Text (Skripsi_1903036025_Wifaqul Azmi Zusron_Lengkap)
Skripsi_1903036025_Wifaqul Azmi Zusron_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen boarding school di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus. Selain itu dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan sehari-hari.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus pada bulan september 2023. Subyek penelitian ini adalah kepala asrama, wakil kepala asrama, pengurus asrama, siswa-siswi asrama. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan manajemen boarding school di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus melalui beberapa tahapan, yaitu menetapkan tujuan adanya asrama dengan menyatukan visi dan misi asrama, menentukan sumber daya manusia dengan cara sistem rekrutmen guru/ustadz-ustadzah, menyusun program dengan penerapan kehidupan sehari-hari, menyusun anggaran biaya kebutuhan asrama. 2) Pelaksanaan manajemen boarding school di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus dilakukan dalam membuat jadwal kegiatan harian santri yang telah ditetapkan, pembentukan karakter siswa dengan mengikuti program di asrama, menyusun peraturan tata tertib agar para santri menaati. 3) Evaluasi manajemen boarding school di SMP Isalm Integral Luqman Al Hakim Kudus dilakukan dengan terbagi menjadi dua evaluasi. Pertama bentuk evaluasi terhadap santri seperti memberikan hukuman/sanksi bagi santri yang melanggar, pencapaian target setoran hafalan qur’an santri, merekap hasil keseharian santri dengan ujian yang dilaksanakan, kemudian dijadikan dalam satu buku yaitu raport. Kedua bentuk evaluasi terhadap guru/ustadz-ustadzah dalam menjalankan program yaitu, dengan adanya rapat bulanan dan rapat tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Boarding school; Karakter; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:38
Last Modified: 22 Aug 2024 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics