Modal sosial pada pengembangan kewirausahaan di media sosial : studi pada akun @NafaCollection7
Agassi, Jibril Muhammad (2023) Modal sosial pada pengembangan kewirausahaan di media sosial : studi pada akun @NafaCollection7. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1706026079_Jibril_Muhammad _Agassi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penjualan melalui pemanfaatan media sosial dapat dilaksanakan setiap waktu atau real time dan mampu mendunia yang tidak hanya dipasarkan terbatas tempat dan waktu akan tetapi lebih meluas dapat diminati oleh berbagai kalangan. Melalui media sosial membuat penggunanya semakin hari semakin bertambah sehingga membuka peluang dari pebisnis dalam mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone sehingga pebisnis dapat meraup rupiah dari penjualan berdasarkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modal sosial pada pengembangan kewirausahaan di media sosial pada akun @nafacollection7 dan untuk mendeskripsikan strategi dalam mengembangkan kewirausahaan melalui media sosial @nafacollection7.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menjadikan media sosial sebagai lapangan penelitian dengan metode penelitian kualitatif. penelitian kualitatif ini akan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini bersumber langsung dari informan penelitian, yaitu Pelaku usaha dan Pembeli di media sosial. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari buku, artikel jurnal, serta dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori modal sosial milik Robert Putnam untuk menempatkan hasil temuan peneliti dengan kepercayaan, norma, dan jaringan.
Hasil dari penelitian menunjukkan dua hal. Pertama, modal sosial pada pengembangan kewirausahaan di media sosial pada akun @nafacollection7 antara lain jaringan sosial, kepercayaan dan norma. Kedua, strategi dalam berjualan melalui media sosial @nafacollection7 juga seperti pemberian hashtag, pemberian diskon, menggunakan gambar produk yang baik dan menarik serta live streaming.
ABSTRACT:
Sales through the use of social media can be carried out at any time or in real time and can be global, not only marketed in a limited place and time, but more widely and can be of interest to various groups. Through social media, its users are increasing day by day, thus opening up opportunities for business people to develop their markets within the grasp of smartphones so that business people can reap rupiah from sales based on social media. This research aims to describe social capital in developing entrepreneurship on social media on the @nafacollection7 account and to describe strategies for developing entrepreneurship through social media @nafacollection7.
This type of research is field research by using social media as a research field with qualitative research methods. This qualitative research will use a case study approach. The data sources that will be used in this research are primary and secondary data. Primary data in this research comes directly from research informants, namely business actors and buyers on social media. Meanwhile, secondary data in this research comes from books, journal articles and documents. Data collection techniques in this research used observation, interviews and documentation. Determining informants was carried out using Purposive Sampling techniques. Analysis is carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Data analysis in this research uses Robert Putnam's social capital theory to place the researcher's findings with trust, norms and networks.
The results of the research show two things. First, social capital in developing entrepreneurship on social media on the @nafacollection7 account, including social networks, trust and norms. Second, strategies for selling via social media @nafacollection7 also include hashtagging, giving discounts, using good and attractive product images and live streaming.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal Sosial; Kewirausahaan; Media Sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23565 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year