Pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Valiable.ID
Syafiq, Fauzan Muhammad (2023) Pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Valiable.ID. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905056071_Fauzan Muhammad Syafiq_LENGKAP TUGAS AKHIR - Annisa Try Wahyuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Pemanfaatan media sosial menjadi strategi yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan dalam menjalankan sebuah usaha, mengingat banyaknya pesaing menjadi pertimbangan para pelaku usaha untuk berinovasi memenangkan persaingan. Strategi pemasaran digital yang tepat dapat meraih pangsa pasar diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Valiable.id merupakan salah satu online shop baru di Kota Semarang. Namun, dapat berkembang dengan cepat dan menjadi salah satu online shop dengan pengikut terbanyak di Kota Semarang, hal ini terjadi diduga karena penerapan content marketing dan influencer marketing dalam strateginya dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Valiable.id.
Penelitian ini dikaji menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer didapat melalui kuesioner yang disebarkan kepada pembeli Valiable.id, sedangkan data sekunder didapat melalui sumber kepustakaan seperti buku, jurnal, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya sehingga digunakan rumus Lemeshow dengan mendapatkan 100 sampel. Pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan secara online dengan cara menyebarkan Google Form kepada 100 responden yang merupakan pembeli pada Valiable.id. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisa menggunakan analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel content marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel pemasaran content marketing (X1) mempengaruhi keputusan pembelian dengan cara yang positif tetapi tidak signifikan. Signifikansi t adalah 0,176 < 0,05, nilai signifikansi t hitung < t tabel adalah 1,362 < 2,4. Sedangkan keputusan pembelian Valiable.id dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel influencer marketing (X2). Nilai t hitung 9,649 lebih besar dari nilai t tabel 2,4 (9,649 lebih besar dari 2,4), menurut temuan analisis data uji T, dan signifikansi 0,000 lebih rendah dari 0,05 (0,000 lebih rendah dari 0,05).
Kata Kunci: Content Marketing, Influencer Marketing, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content marketing; influencer; keputusan pembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 04:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23576 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year