Pengaruh literasi keuangan dan locus of control terhadap perilaku keuangan mahasiswa : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Agustina, Cahaya Salfa (2023) Pengaruh literasi keuangan dan locus of control terhadap perilaku keuangan mahasiswa : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905056072_Cahaya_Salfa-Agustina] Text (Skripsi_1905056072_Cahaya_Salfa-Agustina)
1905056072_Cahaya Salfa Agustina_Full Skripsi - Cahaya Salfa Agustina UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku keuangan yang baik dimulai dengan pemahaman pada sistem pengelolaan keuangan dan kontrol diri. Adanya perilaku keuangan yang baik dapat menghindarkan diri dari perilaku boros. Salah satu bentuk pengaplikasian perilaku keuangan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa ialah perencanaan keuangan dan pengendalian keuangan. Dengan adanya bentuk pengeplikasian ini dapat mengendalikan diri dari perilaku boros. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa dan pengaruh Locus of Control terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Rumusan masalah yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa? (2) Bagaimana pengaruh Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa? (3) Bagaimana pengaruh Literasi Keuangan dan Locus of Control secara bersamaan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa?
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dari mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara variabel Literasi Keuangan dan Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Terdapat juga pengaruh secara simultan pada variabel Literasi Keuangan dan Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; locus of control; perilaku keuangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Aug 2024 04:13
Last Modified: 24 Aug 2024 04:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23578

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics