Analisis pengaruh literasi keuangan, experienced regret, dan pendapatan terhadap keputusan investasi : studi kasus pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati

Rohmah, Nazilatur (2023) Analisis pengaruh literasi keuangan, experienced regret, dan pendapatan terhadap keputusan investasi : studi kasus pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2005056041_Nazilatur_Rohmah] Text (Skripsi_2005056041_Nazilatur_Rohmah)
2005056041_Nazilatur Rohmah_LENGKAP TUGAS AKHIR - Nazilatur Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Investasi Investasi adalah tindakan atau proses mengalokasikan sejumlah sumber daya, seperti uang, waktu, atau usaha, ke dalam suatu aset atau proyek dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Keputusan investasi merupakan tindakan penting yang harus diambil individu sebelum berinvestasi. Berdasarkan demografi tenaga kerja, ibu rumah tangga kurang tertarik untuk berinvestasi dibandingkan pekerjaan lain. Hal ini mungkin karena mereka memiliki pengetahuan yang terbatas tentang investasi, pendapatan yang terbatas, serta memiliki pengalaman buruk, atau mendengar cerita negatif tentang investasi yang membuat mereka enggan berpartisipasi. Selain itu, banyak ibu rumah tangga yang tertipu dengan investasi bodong. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah literasi keuangan, experienced regret, dan pendapatan berpengaruh terhadap keputusan investasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 responden ibu rumah tangga di Kecamatan Jakenan yang pernah berinvestasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan experienced regret berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan invvestasi pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Sedangkan variabel pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; pendapatan; investasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Aug 2024 05:37
Last Modified: 24 Aug 2024 05:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics