Pengaruh financial literacy, financial attitude dan locus of control terhadap financial management pelaku UMKM sektor kuliner Kota Semarang

Silviyani, Nadiva Shinta (2023) Pengaruh financial literacy, financial attitude dan locus of control terhadap financial management pelaku UMKM sektor kuliner Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2005056071_Nadiva_Shinta_Silviyani] Text (Skripsi_2005056071_Nadiva_Shinta_Silviyani)
2005056071_Nadiva Shinta Silviyani_Full Skripsi - Nadiva Shinta.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Financial Management sebagai bentuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan keuangan. Diperlukan financial management yang memadai oleh para pelaku usaha. Namun, dalam praktiknya mayoritas pelaku UMKM kurang terampil dalam hal mengelola anggarannya, porsi penyaluran kredit rendah dan rendahnya motivasi untuk meningkatkan skill dalam mengelola keuangan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude dan Locus Of Control terhadap Financial Management Pelaku UMKM Sektor Kuliner Kota Semarang.
Theory Of Planned Behavior adalah teori yang mendasari penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM sektor kuliner Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan sampel yang dihitung menggunakan rumus Slovin dengan hasil 100 UMKM sektor kuliner di Kota Semarang dengan metode analis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy, financial attitude dan locus of control secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap financial management. Secara parsial financial literacy berpengaruh positif signifikan terhadap financial management, financial attitude berpengaruh positif signifikan terhadap financial management dan locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap financial management.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Financial literacy; financial attitude; locus of control; financial management
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:49
Last Modified: 26 Aug 2024 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics