Pengaruh brand image, lifestyle, dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan : studi kasus pada pelanggan PO. New Shantika Bangun Perkasa
Rahma, Jazila Rizqiya (2023) Pengaruh brand image, lifestyle, dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan : studi kasus pada pelanggan PO. New Shantika Bangun Perkasa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2005056084_Jazila Rizqiya Rahma_Skripsi Full - marvelous kaos(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi dewasa ini semakin tumbuh dengan pesat. Hal ini juga diimplementasikan di PO. New Shantika dengan adanya penjualan tiket berbasis digital melalui aplikasi My New Shantika. Sayangnya, penjualan tiket berbasis digital masih rendah yaitu rata-rata hanya 10% dari keseluruhan penjualan tiket setiap bulannya dan sisanya adalah pembelian tiket melalui konvensional yaitu pembelian tiket melalui agen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, lifestyle, dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan PO. New Shantika Bangun Perkasa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling dengan kriteria pelanggan PO. New Shantika berusia minimal 17 tahun, pernah membeli tiket secara online melalui aplikasi My New Shantika minimal sebanyak 2 kali, serta membeli tiket PO. New Shantika dengan trayek Jepara-Jakarta. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner yang disebar secara langsung. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Serta secara simultan brand image, lifestyle, dan e-service quality berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Adapun menurut hasil Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel independen brand image (X1), lifestyle (X2), dan e-service quality (X3) secara simultan mempengaruhi variabel dependen loyalitas pelanggan (Y) sebesar 78,5% dan sisanya sebesar 21,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas; brand image; lifestyle; e-service quality |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:05 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23589 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year