Pengaruh pendapatan dan promosi terhadap minat nasabah berinvestasi emas di Pegadaian Syariah Semarang

Mahendra, Yogie Zainul Restu (2023) Pengaruh pendapatan dan promosi terhadap minat nasabah berinvestasi emas di Pegadaian Syariah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026077_Yogie_Zainul_Restu_Mahendra] Text (Skripsi_1605026077_Yogie_Zainul_Restu_Mahendra)
1605026077_Yogie Zainul RM_Full Skripsi - Yogie Zainul Restu Mahendra(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kebangkitan keuangan syariah dewasa ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pertumbuhan rata-rata mencapai 15-20 persen per tahun. Menurut The Economist, aset kelolaan syariah meningkat menjadi US$ 1 triliun pada 2010 dari US$ 700 miliar pada 2008. Pendapatan dan promosi merupakan faktor penting yang menentukan minat berinvestasi emas di Pegadaian Syariah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendapatan dan promosi terhadap minat nasabah berinvestasi emas di Pegadaian Syariah Kota Semarang.
Pada penelitian ini data primer didapat dari hasil pengisian kuesioner yang telah disebarkan ke seluruh nasabah yang berinvestasi emas di Pegadaian Syariah Kota Semarang dan didapatkan nasabah sebanyak 128 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pendapatan terhadap minat nasabah berinvestasi emas, semakin tinggi pendapatan maka semakin tinggi minat, sebaliknya semakin rendah pendapatan maka semakin rendah minat nasabah berinvestasi emas. Ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap minat nasabah berinvestasi emas. Semakin menarik promosi maka semakin tinggi minat, sebaliknya semakin kurang menarik promosi maka semakin rendah minat nasabah berinvestasi emas. Pendapatan dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi minat serta promosi merupakan faktor yang paling kuat mempengaruhi minat nasabah berinvestasi emas di Pegadaian Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendapatan; promosi; pegadaian syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:37
Last Modified: 26 Aug 2024 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics